Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 26/07/2018 07:00 WIB

Polres Metro Bekasi Antisipasi Tindakan Kriminal Saat Pilkades

Ilustrasi pelaku kriminal
Ilustrasi pelaku kriminal
CIKARANG, DAKTA.COM - Polres Metro Bekasi akan menurunkan unit khusus untuk mengamankan pelaksanaan pemilihan Kepala Desa (pilkades) serentak di 154 Desa.
 
Pengamanan oleh Tim Khusus itu terkait potensi perjudian dan peredaran uang palsu yang sering kali mewarnai pelaksanaan Pilkades pada tanggal 26 Agustus mendatang.
 
Kasatreskrim Polres Metro Bekasi, AKBP Rizal Marito mengatakan pelaksanaan pilkades memang berpotensi dijadikan ajang perjudian, hal ini tentunya bisa menimbulkan adanya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).
 
Untuk mengantisipasi adanya perjudian yang berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas, pihaknya melakukan pola pengamanan pilkades secara terbuka dan tertutup.
 
"Pola terbuka akan dilakukan pengamanan oleh petugas berseragam sedangkan pengamanan tertutup akan dilakukan oleh petugas berpakaian preman," ucapnya, Rabu (25/7).
 
Nantinya tim khusus tidak hanya terdiri dari jajaran polres, tetapi dibentuk sampai dengan tingkat bawah, yakni polsek.
 
Menurutnya selain memantau kemungkinan ajang judi, tim yang diterjunkan juga untuk mengantisipasi peredaran uang palsu dengan memanfaatkan pelaksanaan pemilihan kepala desa. 
 
Rizal menambahkan, dalam pengamanan pilkades, pihaknya juga mengantisipasi adanya tindakan kriminalitas lainnya di antaranya pengerusakan dan pengancaman dari massa pendukung calon yang kalah.
 
"Polres akan menerapkan pasal sesuai dengan KUHP apabila ada tindakan yang mencederai pesta demokrasi di tingkat desa tersebut," pungkasnya. **
Reporter : Ardi Mahardika
Editor :
- Dilihat 1163 Kali
Berita Terkait

0 Comments