Nasional / Lingkungan Hidup /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 25/07/2018 14:56 WIB

Petani Diberi Pembekalan Mengenai Sistem Agroekosistem Sawah

Rumah Zakat memberikan edukasi kepada para petani mengenai sistem agroekosistem sawah
Rumah Zakat memberikan edukasi kepada para petani mengenai sistem agroekosistem sawah
BANDUNG, DAKTA.COM - Rumah Zakat memberikan edukasi kepada para petani mengenai sistem agroekosistem sawah melalui Program Sekolah Lapang PHT (Pengendali Hama Terpadu). Program tersebut diselenggarakan di lokasi Desa Berdaya Mekarmanik, Kec. Cimenyan, Kab. Bandung. 
 
“Kami melihat di daerah ini memiliki potensi pesawahan yang baik. Maka dari itu sejak 23 Mei 2018 kami menginisiasi program pemberdayaan masyarakat ini di bidang pertanian,” ujar Aliyudin, Fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat dalam keterangan tulisnya, Rabu (25/7). 
 
Program tersebut dijalankan secara swadaya yang melibatkan FKP3S (Forum Konsultasi Perencanaan Program Pemberdayaan Sosial) LKSA Al Hikmah Banten dan pemerintah setempat. Di setiap pembinaannya, para petani dipandu oleh dua orang dari tim FKP3S yang sudah berpengalaman di bidang pertanian. 
 
Adapun metode belajar yang digunakan adalah melalui pengalaman dengan menitikberatkan kepada metode pendidikan orang dewasa atau andragogy. Para petani belajar dengan System of Rice Intensification (SRI) dan mempraktekkannya di sawah yang mereka tanami.
 
“Dengan adanya program ini, diharapkan para petani dapat memahami unsur-unsur agroekosistem padi di sawahnya sendiri. Selain itu juga mereka bisa membedakan mana serangga hama, mana serangga musuh alami padi yang tidak harus diberi racun,” ujar Aliyudin. **
 
Editor : Asiyah Afifah
Sumber : Rilis Rumah Zakat
- Dilihat 6826 Kali
Berita Terkait

0 Comments