Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 24/07/2018 17:26 WIB

Ruang Kelas Terbatas, Siswa SDN 01 Cicau Belajar di Lantai

Siswa SDN 01 Cicau Belajar tanpa meja dan kursi karena ruang kelas yang terbatas
Siswa SDN 01 Cicau Belajar tanpa meja dan kursi karena ruang kelas yang terbatas
CIKARANG, DAKTA.COM - Para Siswa SDN 01 Cicau, Cikarang Pusat melakukan aktivitas belajar tanpa kursi dan meja belajar akibat kurangnya ruang kelas mengajar dan tidak adanya perhatian khusus dari Pemerintah Kabupaten Bekasi (Pemkab Bekasi).
 
Menurut penuturan salah seorang guru, Devi, pihak sekolah terpaksa melakukan kegiatan belajar mengajar di aula Desa Cicau karena kurangnya kelas. Pada tahun ajaran sebelumnya sudah dipaksakan untuk belajar di sekolah, tetapi dianggap kurang efektif.
 
"Untuk kegiatan belajar di lantai baru diadakan di tahun ajaran baru saja karena tahun-tahun sebelumnya sudah dimaksimalkan di sekolah dengan cara dibagi dua shift, ada yang masuk pagi mulai pukul 07.00 sampai pukul 10.00 WIB. Sedangkan, untuk bagian siang pukul 10.00 sampai pukul 12.00 WIB," katanya, Selasa (24/7).
 
Devi mengakui, jika kondisi masih tetap seperti ini, aktivitas belajar mengajar menjadi kurang efektif. Maka, diperbolehkan oleh kepala desa untuk menempati aula desa walaupun masih kekurangan fasilitas seperti kursi dan meja belajar.
 
Kurangnya kelas, sebenarnya sudah dialami kurang lebih selama enam tahun ke belakang. Adapun murid yang belajar di aula Desa Cicau, yaitu kelas 5A dan kelas 5B dengan total siswa sebanyak 54 murid.
 
Devi berharap pihak Pemkab Bekasi bisa membangun ruang kelas tambahan di SDN 01 Cicau ini, karena dari tahun 2014 mereka hanya dijanjikan pembangunan saja tetapi tidak ada tindakan nyata.
 
Sementara Kepala Desa Cicau, Kalim, mengaku miris melihat sekolah yang berdekatan dengan kantor Desa ini. Sebenarnya ada lahan fasilitas sosial dan umum (fasos fasum) yang akan diberikan Lippo Grup untuk salah satunya pembangunan sekolah seluas empat ribu meter.
 
“Selama enam tahun saya dijanjikan oleh pihak Lippo Grup mau diberikan lahan fasos fasum. Tapi, sampai sekarang belum ada tuh titik temunya. Katanya dia (Lippo Grup) udah menyerahkan ke Pemkab Bekasi, cuma kata Pemkab belum diserahterimakan,” ujar Kades.
 
Ia juga berharap dengan berlangsungnya peringatan hari keluarga nasional di wilayahnya pada 1 Agustus mendatang, pemerintah bisa melihat langsung kondisi belajar mengajar SDN 01 Cicau.
Reporter : Ardi Mahardika
Editor :
- Dilihat 1530 Kali
Berita Terkait

0 Comments