Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Senin, 23/07/2018 08:32 WIB

Sekolah Swasta Diminta Gratiskan Pendidikan Siswa Miskin

Kadisdik Kota Bekasi, Ali Fauzi
Kadisdik Kota Bekasi, Ali Fauzi
BEKASI, DAKTA.COM - Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bekasi, Ali Fauzi berharap sekolah swasta yang tergabung dalam Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) memenuhi kewajibanya untuk menggratiskan 20 persen siswanya yang tergolong miskin sesuai ketentuan Bantuan Operasional Sekolah Daerah (Bosda). 
 
"Di dalam juklak dan juknis Bosda sudah disesuaikan agar swasta menggratiskan 20 persen siswa. Jangan juga gratisnya cuma setahun ke sananya bayar. Kita juga berpikir jika harus ada penambahan Bosda dari 15 ribu menjadi 40 ribu per bulan, " ungkap Ali Fauzi, Senin (23/7). 
 
Menurutnya dalam petunjuk Bosda diwajibkan minimal 20 persen siswa bebas biaya bagi siswa miskin. Dan sekolah swasta juga harus menerima warga yang belum sekolah atau belum masuk sekolah negeri. 
 
"Bagi warga yang belum sekolah, maka BMPS dan Disdik harus menyisir di lingkungan ke 12 kecamatan. Bagi siswa miskin dan yatim maka menjadi tanggungan bagi sekolah negeri dan swasta," kata Ali. 
 
Ali mengatakan, jika kedepan subsidi bagi siswa di sekolah swasta ditingkatkan. Saat ini sudah RP15 ribu per siswa. Tahun ini dan seterusnya akan dinaikan menjadi Rp40 ribu per siswa dari Bosda Kota Bekasi. 
 
"Swasta kan ada juga dana bos pusat. Kebutuhan sekolah swasta rata-rata per anak perbulan sebesar Rp300 ribu bagi sekolah menengah. Kalau sekolah yang masuk dalam kategori kelas satu maka bisa lebih," pungkas Ali.
 
Reporter : Warso Sunaryo
Editor :
- Dilihat 1611 Kali
Berita Terkait

0 Comments