Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 20/07/2018 10:22 WIB

Tim Dokter RSUP Persahabatan Berhasil Lakukan Operasi Tumor Ganas Tulang

Pimpinan Tim Dokter Spesialis Ortopedi, dr. Sigit Daru Cahayadi Sp.OT
Pimpinan Tim Dokter Spesialis Ortopedi, dr. Sigit Daru Cahayadi Sp.OT
JAKARTA, DAKTA.COM - Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan menggelar konpers atas keberhasilan mereka dalam melakukan operasi tumor ganas tulang terhadap pasien berusia 15 tahun. 
 
Dalam konferensi persnya, Jumat (20/7) Pimpinan Tim Dokter Spesialis Ortopedi, dr. Sigit Daru Cahayadi Sp.OT menjelaskan bahwa penyakit tumor ganas pada tulang ini dikeluhkan oleh seorang pasien bernama Apriliani pada 8 bulan lalu, ia mengeluhkan adanya benjolan dan nyeri di paha kanannya. 
 
"Setelah dilakukan pemeriksaan klinis, tim dokter menemukan suatu osteosarcoma dan memutuskan untuk dilakukan kemoterapi sebanyak enam kali, kemudian baru dilakukan tindakan operasi," ungkap dr. Sigit.
 
dr. Sigit menyampaikan, dalam operasi yang berlangsung selama 12 jam pada Rabu (18/7) kemarin, salah satu tantangan terbesar mereka adalah menyatukan kembali pembuluh darah, jaringan syaraf, dan otot agar dapat menyelematkan tungkai kakinya. 
 
"Yang menjadi kendala adalah bagaimana untuk menyelamatkan tungkainya. Jadi dalam tahapan itu untuk mengangkat tumor dari jaringan vital itu cukup rumit," imbuhnya. 
 
Operasi pengangkatan tumor ganas tulang paha bernama rekonstruksi total femur megaprosthesis ini dilakukan pertama kalinya di Indonesia. 
 
Operasi ini melibatkan sejumlah dokter spesialis Ortopedi, Radiologi, Patologi Anatomi, Pediatrik Konsultan Hematologi Onkologi, dan Radioterapi. 
 
Saat ini, pasien atas nama Apriliani sedang mendapatkan perawatan secara intensif di ruang ICU RSUP Persahabatan hingga keadaannya stabil.
 
Reporter : Boy Aditya
Editor : Asiyah Afifah
- Dilihat 7220 Kali
Berita Terkait

0 Comments