Bekasi /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 19/07/2018 10:22 WIB

Tips Mengubah Mindset Agar Hidup Hemat

Bincang Keuangan bersama Pakar Keuangan Osrinita Oesman
Bincang Keuangan bersama Pakar Keuangan Osrinita Oesman
BEKASI, DAKTA.COM - Kenaikan komoditas di pasaran membuat banyak orang harus lebih menata keuangan agar dapat menghemat pengeluaran yang bisa digunakan untuk lainnya. Hidup hemat memang harus dimulai dengan merubah mindset atau cara pikir seseorang agar lebih bisa menata keuangannya.
 
Hal itu disampaikan oleh Pakar Keuangan, Osrinita Oesman dalam Bincang Keuangan di Radio Dakta, Kamis (19/7). Ia mengatakan berhemat itu mudah asal pikiran dan hati  bersunguh-sungguh melakukannya, bukan hanya diucapkannya saja.
 
Rini sapaan akrabnya menyampaikan, tips yang dapat dilakukan jika ingin menghemat keuangan. Caranya dengan menyisihkan hasil uang gajian untuk keperluan yang lebih utama.
 
"Sisihkan uang penghasilan pertama untuk zakat 2,5 persen, kedua membayar utang atau cicilan, ketiga menabung 10 persen, keempat sisihkan uang untuk keperluan yang mendadak, terakhir baru untuk keperluan rumah tangga," jelas Rini.
 
Lebih lanjut ia menjelaskan, hidup hemat juga harus diterapkan dengan belanja yang hemat seperti memperhitungkan segala sesuatu yang dikeluarkan.
 
"Pos belanja dapur, bagi yang mau belanja harus diperhitungkan semuanya seperti tulis di amplop minggu pertama sampai minggu keempat yang akan dibelanjakan," ucapnya.
 
Penerapan lainnya juga harus dilakukan oleh semua keluarga termasuk anak-anak, karena hidup hemat harus diajarkan sejak dini agar terbiasa sampai dewasa.
 
"Anak sekolah harus selalu bawa bekel, tumbler, handuk untuk keringat. Terus kalau ada barang-barang yang sudah tidak terpakai lebih baik disumbangin saja, pakai lampu yang hemat LED. Hal-hal sepele seperti itu penting kalau kita sudah merubah pola pikirnya," terangnya.
 
Rini mengatakan, belajar hemat bukan berarti pelit apalagi untuk diri sendiri itu tidak boleh. Menghemat hanya memperhitungkan segala sesuatu yang dilakukan, hal ini juga agar hal yang dikerjakan tidak terbuang sia-sia. **
Editor :
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 858 Kali
Berita Terkait

0 Comments