Jurnal Haji /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 17/07/2018 15:48 WIB

Tahun Ini Pemeriksaan Data Fisik Jemaah Haji Berbeda

Panitia yang sedang memeriksakan kelengkapan dokumen jemaah haji
Panitia yang sedang memeriksakan kelengkapan dokumen jemaah haji
CIKARANG, DAKTA.COM - Pemeriksaan geometrik atau data-data fisik para calon jemaah haji tahun 2018 ini dinilai berbeda yakni tidak lagi dilakukan pihak imigrasi Arab Saudi, melainkan dilakukan di tiap Embarkasi di Indonesia.
 
Kepala kantor kementerian agama Jawa barat, Ahmad Buchori di Embarkasi Jakarta - Bekasi mengatakan, perubahan pemeriksaan data fisik didasari memakan waktu sekitar empat jam lebih di Arab Saudi, sehingga dengan alasan itu pemerintah Indonesia dan Arab Saudi telah bersepakat untuk melakukan data fisik di tanah air.
 
"Jadi kita ditanah air melakukan data fisik jemaah dan setibanya di Arab Saudi para jemaah langsung menaiki kendaraan menuju penginapan jemaah," Ujar Buchori di Cikarang, Selasa (17/7).
 
Selain itu, para jemaah haji tahun ini mendapat tikar atau alas yang dinilai penting bagi jemaah selama menjalankan ibadah haji ditanah suci dan mereka diberikan per rombongan haji.
 
Diketahui hingga pukul sebelas siang pada Selasa 17 Juli terdapat dua kloter jemaah haji asal Sumedang dan Tasikmalaya Jawa barat telah tiba di Embarkasi Jakarta - Bekasi yang selanjutnya secara bertahap akan disusul oleh jemaah haji lainnya di Jawa Barat.
 
Dalam hal ini kuota haji untuk Jawa Barat masih tetap saja dengan tahun sebelumnya dan untuk jemaah haji terbanyak khususnya Jawa barat tahun ini diisi oleh jemaah asal Kabupaten Bogor dengan jumlah 3.473 jemaah.
Reporter : Ardi Mahardika
Editor :
- Dilihat 983 Kali
Berita Terkait

0 Comments