Nasional / Pendidikan /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 17/07/2018 11:47 WIB

Bangun Jawa Barat Berkarakter dari Keluarga

Peringatan HARGANAS Jawa Barat yang diselenggarakan di Kabupaten Karawang
Peringatan HARGANAS Jawa Barat yang diselenggarakan di Kabupaten Karawang
KARAWANG, DAKTA.COM - Keluarga merupakan sumeber utama dalam membangun manusia Jawa Barat yang berkarakter. Hal tersebut merupakan pesan yang disampaikan dalam penyelenggaraan Hari Keluarga Nasional dan Hari Anak Nasional tingkat Jawa Barat yang digelar di Kabupaten Karawang.
 
Peringatan HARGANAS Jawa Barat dimulai tanggal 13 sampai 17 Juli dengan dimeriahkan rangkaian acara seperti Jalan Santai, Lomba Cerdas Cermat, Jambore Gesit, Gelar Dagang, Kaulinan Budak Lembur, dan penghargaan-penghargaan.
 
Harganas XXV tahun 2018 ini mengusung tema "Hari Keluarga: Hari Kita Semua" dengan tagline Cinta Keluarga Terencana. Tagline tersebut bermakna bahwa peringatan Hari Keluarga Nasional merupakan momen untuk mengingatkan kembali pentingnya mencintai keluarga dan pentingnya perencanaan dalam membangun keluarga dengan baik. Kalau terencana semua jadi lebih mudah.
 
"Masyarakat Jawa Barat harus menjadikan keluarga sebagai tempat pertama dan utama dalam membangun manusia Indonesia yang berkarakter, berkemajuan, dan berjiwa gotong royong berlandaskan Pancasila. Keluarga merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam hidup kita, karena cinta dan seluruh kasih sayang berasal dari keluarga," ujar Bupati Karawang, dr. Cellica Nurrachadiana, Selasa (17/7).
 
Suasana Peringatan HARGANAS Jawa Barat
 
Menjadi kebanggaan tersendiri bagi Kabupaten Karawang yang dipercaya sebagai tuan rumah. Karawang merupakan kota pangkal perjuangan, tentunya Cellica ingin menularkan semangat patriotik pada seluruh elemen yang terlibat dalam program yang terkait dengan Keluarga dan Anak.
 
Harapannya peringatan HARGANAS bukan sebatas seremonial, namun juga mengedepankan dan memperkuat interaksi antara masyarakat antar generasi, Pemerintah Se-Jawa Barat dan Pemerintah Daerah, serta petugas pelayanan. Para tokoh berprestasi juga diharapkan dapat terus menjadi pelopor dalam berkontribusi untuk pembangunan keluarga Indonesia.
 
Selain Harganas, ada juga pesan Hari Anak Nasional yang tidak bisa dilepaskan dengan Harganas dimana Keluarga merupakan tempat yang pertama dalam membentuk karakter seorang anak.
 
"Bagi seorang anak, keluarga sangat menentukan karakter, pertumbuhan dan perkembangannya. Melalui keluarga, seluruh anggotanya mulai mengenal dan mengalami adanya perbedaan, kerja sama, kasih sayang, dan kehangatan. "Pelopor" dalam keluarga, maupun dalam masyarakat perlu dibangun untuk menjadi "Role Model" yang dapat menumbuhkan karakter seluruh anggota keluarga, khususnya bagi anak," pungkas Cellica. **
 
Editor : Asiyah Afifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 7614 Kali
Berita Terkait

0 Comments