Nasional / Pendidikan /
Follow daktacom Like Like
Senin, 16/07/2018 11:31 WIB

Kegiatan MPLS Dijauhkan dari Aksi Bullying

Nasrudin selaku Kepala Sekolah SMP Negeri 252 Jakarta
Nasrudin selaku Kepala Sekolah SMP Negeri 252 Jakarta
JAKARTA, DAKTA.COM - Kepala Sekolah SMP Negeri 252 Jakarta, Nasrudin menjamin pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) jauh dari segala macam aksi perpeloncoan. 
 
"Untuk kegiatan MPLS di SMP 252, sesuai dengan surat keputusan Kepala Dinas, bahwa kegiatan ini seyogyanya dilakukan untuk pembentukan karakter dan mengenal lingkungan sekolah. Tidak ada istilahnya bersifat bullying," papar Nasrudin, Senin (16/7).
 
Nasrudin mengungkapkan beberapa materi yang akan dibahas selama MPLS di antaranya adalah mengenai penumbuhkembangan wawasan kebangsaan, materi dasar kepramukaan, pembentukan karakter yang religius, serta pendalaman kurikulum 2013. 
 
"Kegiatan ini seluruhnya dilakukan oleh guru-guru yang telah ditunjuk. Tidak ada keterkaitan secara khusus dengan OSIS, kecuali memperkenalkan kegiatan ekstrakurikuler di hari terakhir," ungkapnya. 
 
Memasuki tahun ajaran baru 2018/2019, sekolah diwajibkan melaksanakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) sebagai pengganti Masa Orientasi Sekolah (MOS). 
 
Ketentuan MPLS untuk tahun ajaran baru ini masih mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No. 18 Tahun 2016. Sesuai peraturan tersebut, jadwal MPLS telah ditetapkan paling lama 3 hari pada awal minggu pertama tahun ajaran baru. 
 
Ada tiga hal yang difokuskan pada kegiatan MPLS ini yaitu pemberian informasi mengenai kegiatan sekolah, pengenalan lingkungan dan fasilitas yang terdapat di sekolah, serta pemberian motivasi dan pengembangan diri bagi para peserta didik baru. **
Reporter : Boy Aditya
Editor : Asiyah Afifah
- Dilihat 7824 Kali
Berita Terkait

0 Comments