Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 06/07/2018 08:00 WIB

Program Making Indonesia 4.0 Diharapkan Tingkatkan Perekonomian

Airlangga Hartanto menghadiri acara Makin Indonesia 4.0
Airlangga Hartanto menghadiri acara Makin Indonesia 4.0
CIKARANG, DAKTA.COM - Forum Investor Bekasi menggelar Talk Show Making Indonesia 4.0 yang dihadiri oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto pada Kamis (6/7).
 
Talk Show yang berlangsung di Hotel Holiday Inn Jababeka Cikarang Bekasi ini diikuti oleh pimpinan perusahaan yang ada di wilayah Kota maupun Kabupaten Bekasi.
 
Making Indonesia 4.0 merupakan program target masa depan tahun 2030 tentang ekonomi Indonesia dimana nantinya, Eksport Indonesia yang saat ini baru mencapai 5% dan diharapkan dengan adanya program ini mampu lebih meningkat perekomomian mencapai 10 persen.
 
"Target pencapaian eksport sudah dipetakan dari berbagai sektor di antaranya yaitu manufaktur, makanan dan minuman, tekstil, otomotif, kimia, serta elektronik," kata Airlangga.
 
Dalam pemaparannya, menteri perindustrian Airlangga Hartanto menyebut pemerintah terus mendoromg agar industri bisa melakukan inovasi teknologi. Oleh karenanya kesiapan infrastruktur diberikan oleh pemerintah baik dari sumber daya manusia (SDM), infrastuktur, maupun teknolgi.
 
"Untuk infrastruktur pemerintah membangun jalan tol dari Jawa Barat hingga Jawa Timur sehingga kawasan industri bisa terintegrasi," ucapnya.
 
Ia menyampaikan, terkait teknologi jaringan internet juga disiapkan dimana kementrian perindustrian sudah bekerja sama dengan operator untuk mengembangkan fiber optik di kawasan industri melalui teknologi 5 G.
 
"Kawasan industri bisa memohon ke kementriannya untuk dijadikan sebagai pilot project teknologi fiber optik 5 G," ujarnya.
 
Sementara itu, ketua FIB Dedy Harsono mengatakan bahwa perusahaan di Bekasi berdasarkan data BPS ada sebanyak 1344, di antaranya 435 Penanaman Modal Asing (PMA) , 296 Penanaman Modal dalam Negeri (PMDN) , dan 552 perusahaan fasilitas yang didominasi perusahaan manufaktur.
 
Dengan adanya diskusi ini, pemerintah bisa memfasilitasi baik dari segi teknologi, SDM maupun infrastruktur untuk mewujudkan making indonesia 4.0. **
 
Reporter : Ardi Mahardika
Editor : Asiyah Afifah
- Dilihat 685 Kali
Berita Terkait

0 Comments