Nasional / Sosial /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 12/06/2015 15:38 WIB

Kuatkan Sinergi, RZ Audiensi dengan Menkes RI

pertemuan dengan Menteri kesehatan   Copy
pertemuan dengan Menteri kesehatan Copy
JAKARTA_DAKTACOM: Chief Program Officer RZ (Rumah Zakat) bersama Divisi Program Kesehatan, melakukan audiensi dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI). 
 
Pertemuan ini bertujuan untuk menguatkan sinergi antara Kemenkes sebagai pihak Pemerintah dengan RZ sebagai organiasi sosial yang berkecimpung di bidang pemberdayaan, salah satunya adalah bidang kesehatan.
 
“Untuk melakukan perubahan, NGO tidak dapat bergerak sendiri, dibutuhkan sinergi yang kuat antara GO, NGO, private sector, media dan akademia. Kita tidak bisa bekerja sendiri-sendiri. Terutama hubungan Government Organization (GO) dan Non Government Organization (NGO) harus berjalan harmonis. NGO yang lebih sering sebagai praktisi di lapangan memiliki pengalaman empiris dan GO sebagai pembuat kebijakan, kebijakan yang dihasilkan harus inline dengan kondisi di masyarakat. Dengan demikian maka perubahan ke arah yang lebih baik dapat lebih mudah dilakukan,” jelas Heny Widiastuti, Chief Program Officer RZ, Jumat (12/06/15).
 
Kedatangan tim program RZ disambut langsung oleh Menteri Kesehatan RI, Prof. DR. Dr. Nila Farid Moeloek, Sp.M di kantor Kementrian Kesehatan RI didampingi oleh Staff Khusus Menteri Bidang Peningkatan Kemitraan dan Pelayanan Kesehatan Primer Kemenkes, Diah Satyani Saminarsih, M.Sc. Turut hadir pula Staff Ahli Menteri Bidang Mediko Legal, drg. Tritarayati, SH; Kasubdit Kesejahteraan USILA dan Pelayanan Darah, Eko Budi Priyanto; dan Kasubag Kepegawaian dan Umum Promkes, Marsuli, S.Sos, M.Kes. 
 
Dalam pertemuan tersebut, Kemenkes sangat mengapresiasi program-program kesehatan yang sudah RZ gulirkan. Sebagai lembaga zakat dengan potensi sumber dana dari masyakat berupa zakat, infak dan sedekah, RZ dinilai telah mampu menunaikan amanah para donatur untuk pemberdayaan kesehatan masyarakat di bidang promotif dan preventif.
 
"Saya bangga dan senang dengan program Kebun Gizi RZ yang di Bantul. Saya pernah berkunjung ke sana. Yang membuat saya bangga adalah semua elemen masyarakat terlibat mulai dari warga, lurah, babinsa dan tenaga kesehatan di sana sehingga kemandirian gizi tercapai," ungkap Nila Farid Moeloek, Menteri Kesehatan RI kepada tim program RZ.
 
Menteri kesehatan juga mengatakan bahwa RZ sudah global dan bukan hanya bicara tentang kesehatan promotif, tapi juga sudah memberikan kontribusi nyata model SDG’s dimana sektor kesehatan, pendidikan, ekonomi dan lingkungan dapat diintegrasikan. Dalam waktu dekat, rencananya Kemenkes RI dan RZ akan menjalin kerja sama lebih intens dan lebih luas di bidang promosi kesehatan melalui MOU secara tertulis.
 
 
Editor :
Sumber : Rumah Zakat
- Dilihat 2086 Kali
Berita Terkait

0 Comments