Bekasi /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 05/07/2018 13:55 WIB

Sekolah Amanah Bangsa Tanamkan Pendidikan Akhlak Sejak Dini

Sekolah Amanah Bangsa menggelar Celebrating Ramadhan diisi tausyiah, bazar, dan penampilan seni
Sekolah Amanah Bangsa menggelar Celebrating Ramadhan diisi tausyiah, bazar, dan penampilan seni
BEKASI, DAKTA.COM - Pendidikan adalah salah satu pilar peradaban sebuah bangsa. Takayal, banyak negara maju berlomba-lomba membangun peradaban melalui pendidikan. Sekolah Islam Amanah Bangsa juga berkomitmen membangun peradaban bagi generasi yang lebih baik.
 
Sekolah Islam Amanah Bangsa menggelar Celebrating Ramadhan Amanah Bangsa, di hari ketiga bulan suci Ramadhan, tepatnya 19 Mei 2018. Kegiatan ini didasari atas rasa suka cita Yayasan Cahaya Amanah Bangsa dengan datangnya bulan suci Ramadhan.
 
Celebrating Ramadhan Amanah Bangsa ini terdiri dari berbagai kegiatan, di antaranya tausyiah, launching mendukung gerakan wakaf amanah bangsa, serta penampilan seni dari siswa-siswi Sekolah Islam Amanah Bangsa dan ditutup dengan acara buka puasa bersama. Mereka yang turut meramaikan acara ni adalah seluruh keluarga besar Yayasan Cahaya Amanah Bangsa, baik dari orang tua murid TK, SD, SMP Islam Amanah Bangsa, staff pengajar, pengurus Yayasan Cahya Amanah Bangsa, pengurus masjid-masjid di sekitar sekolah, anak yatim piatu, serta masyarakat sekitar.
 
Kegiatan tausyiah Celebrating Ramadhan Amanah Bangsa disampaikan oleh Wakil Ketua Dewan Pertimbangan MUI, Prof.Dr. K.H. DidinHafidhuddin, M.Sc., dengan mengangkat tema “Wakaf Memajukan Pendidikan dan Membangun Peradaban.”
 
Prof. Didin dalam tausyiahnya menyampaikan, anak-anak bangsa atau generasi Islam  tanpa pendidikan yang baik, maka mereka tidak akan memiliki karakter, akhlak, etika, dan tidak tahu apa yang harus dilakukan. Dengan mengajarkan adab, akhlak, insha Allah prestasi akan mengikutinya.
 
“Demikian pentingnya pendidikan, maka harus ada hubungan sinergis di antara segitiga emas pendidikan. Segitiga emas yang dimaksud terdiri dari lingkungan sekolah, keluarga, dan lingkungan masyarakat. Apabila segitiga emas itu sinergis maka tujuan pendidikan akan tercapai secara optimal," jelas Ketua MUI periode 2005 -2015.
 
Sebagai komitmen untuk mencapai tujuan pendidikan secara optimal, Sekolah Islam Amanah Bangsa mengusung konsep sekolah Full Day School dari pukul 08.00 - 15.30 WIB. Dengan optimalisasi waktu belajar dan pengembangan diri di sekolah, diharapkan siswa tidak hanya sukses secara akademik dan non akademik tetapi juga terbentuk karakter yang islami. Selain itu, konsep Full Day memiliki nilai tambah yaitu mampu meminimalisir dampak-dampak negatif dari lingkungan sosial yang secara kontrol dan monitoringnya sangat lemah. 
 
Celebrating Ramadhan Amanah Bangsa ini juga bertujuan untuk meningkatkan semangat berwakaf masyarakat indonesia khususnya dalam dunia pendidikan. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa Indonesia memiliki potensi yang sangat besar dalam membangun dan mengembangkan wakaf, jika saja semua elemen baik pemerintah, lembaga swasta, dan individu bahu membahu mengampanyekan gerakan wakaf uang (produktif). Indonesia merupakan Negara yang memiliki jumlah umat Islam yang terbesar di seluruh dunia merupakan asset besar untuk menghimpun dan mengembangkan wakaf.
 
Erlangga,S.Pdi, selaku Ketua Panitia Celebrating Ramadhan menyampaikan bahwa Gerakan Wakaf Amanah Bangsa yang dibentuk oleh Yayasan Cahya Amanah Bangsa ini merupakan bentuk ikhtiar mewujudkan syiar Islam dalam memajukan pendidikan melalui wakaf yang dikelola secara produktif demi membangun peradaban manusia yang lebih baik.
 
Puncak kegiatan dari acara Celebrating Ramadhan ini adalah penandatanganan gerakan wakaf amanah bangsa yang dilakukan oleh seluruh hadirin yang diawali oleh Prof. Didin. Pada tahap awal, Gerakan Wakaf Amanah Bangsa memiliki program wakaf pembelian lahan seluas 1.000 m2 yang berlokasi Gg. H. Surya Rt.004 Rw.02 Sepanjang Jaya Rawa Lumbu Kota Bekasi yang ke depannya akan didedikasikan bagi syiar Islam dan dunia pendidikan.   
 
Semoga gerakan wakaf amanah bangsa ini mendapatkan ridho dari Allah SWT dan mendapatkan dukungan dari banyak pihak, sehingga cita-cita Syiar Islam dalam memajukan pendidikan dan membangun peradaban dapat terwujud. **
Editor : Asiyah Afifah
Sumber : Rilis Sekolah Islam Amanah Bangsa
- Dilihat 256 Kali
Berita Terkait

0 Comments