Nasional / Politik dan Pemerintahan /
Follow daktacom Like Like
Senin, 02/07/2018 09:47 WIB

Peretasan Website KPU Tidak Berpengaruh Pada Hasil Pilkada

Komisioner KPU Pramono Ubaid Tantowi
Komisioner KPU Pramono Ubaid Tantowi
JAKARTA, DAKTA.COM - Komisioner KPU Pramono Ubaid Tantowi menegaskan peretasan terhadap website KPU tidak akan berpengaruh pada hasil resmi penghitungan suara. 
 
"Sedangkan yang di-hack itu, sebenarnya hanya sebagai fungsi informasi dan fungsi kontrol, nggak ada fungsi lain. Jadi mau di-hack bagaimanapun, sebenarnya itu nggak ngaruh juga," ungkap Pramono pada Senin (2/7).
 
Pram mengatakan, hasil penghitungan suara yang resmi baru akan mereka lakukan setelah melalui persetujuan rapat pleno, dimana pada saat ini sudah dimulai penghitungan manual secara berjenjang. 
 
"Hasil resmi Pilkada di suatu daerah itu adalah hasil yang telah ditetapkan dalam rapat pleno nanti, entah yang tanggal 4-6 maupun 7-9 Juli nanti. Jadi itu adalah hasil resmi yang sah secara hukum," terangnya. 
 
Meskipun telah dipampang dalam laman website resmi infopemilu.kpu.go.id, namun beberapa kali laman tersebut tidak bisa diakses oleh publik. 
 
Namun pihak KPU menjelaskan hal ini justru adalah sebagai sebuah antisipasi terhadap serangan malware yang dilakukan setiap saat oleh para peretas sehingga mereka melakukan buka tutup akses untuk membersihkan serangan tersebut. **
 
Reporter : Boy Aditya
Editor : Asiyah Afifah
- Dilihat 1761 Kali
Berita Terkait

0 Comments