Nasional /
Follow daktacom Like Like
Sabtu, 30/06/2018 15:03 WIB

Politik Identitas Berhasil Diterapkan Pada Pilgub Jabar

Pengamat Politik Kedai Kopi Hendri Satrio
Pengamat Politik Kedai Kopi Hendri Satrio
JAKARTA, DAKTA.COM - Pengamat Politik Kedai Kopi, Hendri Satrio mengakui strategi politik identitas yang diterapkan pada Pilgub Jabar cukup berhasil dalam mengangkat suara pasangan calon. 
 
"Ada faktor religiusitas ini di atas 80% dalam memilih pemimpin dan kemudian akhir-akhir sebelum pemilihan suara berlangsung itu ada gerakan-gerakan langsung dari ulama untuk mengajak memilih nomor tiga waktu itu," ungkap Hendri saat ditanya perihal faktor yang mendongkrak perolehan suara paslon Sudrajat-Ahmad Syaikhu, pada Sabtu (30/6).
 
Hendri menyebut suara umat Islam yang begitu besar sebaiknya dimanfaatkan oleh para parpol untuk melakukan pemetaan suara jika mereka akan bersiap dalam menghadapi pertarungan Pileg dan Pilpres pada tahun depan. 
 
"Saya yakin para parpol juga tidak bisa melupakan kekuatan umat Islam, makanya mereka berusaha setengah mati habis-habisan untuk bisa mendapatkan respon positif dari umat Islam sebagai pemilik suara terbesar di Indonesia," imbuhnya. 
 
Hendri berpendapat strategi politik identitas sah-sah saja dilakukan selama tidak melanggar aturan yang telah ditetapkan. 
 
"Apapun itu, mau dikatakan politik identitas atau yang lainnya, memang salah satu strategi yang paling cepat adalah itu," tutupnya. **
 
Reporter :
Editor :
- Dilihat 4428 Kali
Berita Terkait

0 Comments