Nasional / Politik dan Pemerintahan /
Follow daktacom Like Like
Sabtu, 30/06/2018 15:00 WIB

KPU Akui Banyak Serangan Kepada Website Mereka

ketua KPU Arief Budiman
ketua KPU Arief Budiman
JAKARTA, DAKTA.COM - Ketua KPU Arief Budiman mengakui banyaknya serangan terhadap website KPU setelah mempublikasikan hasil real count pada Pilkada serentak 2018. 
 
Arief menjelaskan bahwa website KPU sering tidak bisa diakses oleh masyarakat akibat pihaknya melakukan antisipasi dan pembersihan terhadap serangan malware yang terjadi.
 
"Jadi kalau melihat atau mengakses ke web kita, kadang-kadang bisa dibuka, kadang-kadang tidak bisa dibuka, itu sebetulnya cara kami untuk menangkal serangan yang datangnya itu bukan tiap hari, bukan hanya tiap jam, tapi tiap menit dia menyerang kita," papar Arief saat diskusi di Cikini, Jakarta Pusat pada Sabtu (30/6).
 
Arief mengaku serangan malware terhadap situs website KPU terjadi hampir setiap menit sehingga mereka mengantisipasinya dengan menutup sementara server untuk membersihkan serangan-serangan tersebut. 
 
"Jadi bukan karena kami tidak transparan, bukan tidak menginformasikan, tapi ini bagian dari strategi yang juga disampaikan oleh para ahli IT untuk menangkal serangan yang terus datang tiap menit," ungkapnya. 
 
Meskipun telah dipampang dalam laman website resmi infopemilu.kpu.go.id, namun beberapa kali laman tersebut tidak bisa diakses oleh publik. 
 
Kecurigaan adanya permainan data muncul dan juga serangan malware oleh para peretas untuk dapat mengubah hasil Pemilu. **
 
Reporter : Boy Aditya
Editor : Asiyah Afifah
- Dilihat 1854 Kali
Berita Terkait

0 Comments