Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 29/06/2018 15:08 WIB

Drainase Buruk Jadi Penyebab Terjadinya Banjir di Kabupaten Bekasi

Banjir melanda di Kabupaten Bekasi (Dok)
Banjir melanda di Kabupaten Bekasi (Dok)
CIKARANG, DAKTA.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten (BPBD) Bekasi menyebut bencana banjir yang kerap terjadi saat musim hujan akibat buruknya saluran air di daerah pemukiman.
 
Satgas Penangulangan Bencana BPBD Kabupaten Bekasi, Andika Rakhmat mengatakan banjir yang terjadi di wilayahnya itu rata-rata akibat kiriman, saat hujan tinggi di wilayah hulu hujan besar maka aliran sungai yang berada di hilir terjadi banjir.
 
"Jika hujan besar terjadi di wilayah Bogor maka kali Bekasi yang melewati wilayah Babelan, Tambun Utara, dan Tarumajaya tergenang. Selain itu apabila hujan terjadi Bandung maka kecamatan yang dilewati sungai Citarum seperti Cabangbungin dan Muaragembong menjadi banjir," paparnya Andika di Kantor BPBD Kabupaten Bekasi, Cikarang pada Jumat (29/6).
 
Selain kiriman, banjir juga disebabkan karena buruknya drainase perumahan, salah satunya beberapa waktu lalu pihaknya sempat melakukan peneguran terhadap salah satu pengembang di kecamatan Karang Bahagia yang saluran airnya lebih tinggi dari bangunan perumahan.
 
"Adanya pemukiman yang dranaisenya menyalahi aturan itu maka pimpinan juga telah berkoordinasi dengan organisasi perangkat daerah lain supaya dapat melakukan peneguran maupun penindakan," jelasnya.
 
Sebagai satgas pihaknya tetap siaga terkait segala kemungkinan bencana yang sering terjadi baik bencana banjir maupun longsor. **
Reporter : Ardi Mahardika
Editor :
- Dilihat 3348 Kali
Berita Terkait

0 Comments