Nasional / Politik dan Pemerintahan /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 28/06/2018 11:43 WIB

Evaluasi Pilkada, PAN: Figur Calon Menentukan Pilihan Masyarakat

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan
JAKARTA, DAKTA.COM - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan menyatakan sosok figur seorang calon pemimpin sangat berpengaruh dalam menentukan pilihan masyarakat. 
 
Berkaca pada pelaksanaan Pilkada serentak kemarin, Zulkifli melihat adanya pengaruh figur yang kuat terkait sosok yang dicalonkan oleh parpol dalam pertarungan Politik. 
 
"Di Jawa Barat itu kita bisa lihat figurnya disukai oleh masyarakat, pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu itu kan mengejutkan juga, basis mereka sudah cukup kuat disana," ungkap Zulkifli saat dijumpai di Gedung DPR RI, Senayan, pada Kamis (28/6).
 
Zulkifli mengatakan meskipun masyarakat tidak menyukai parpol pendukungnya, namun jika figurnya dianggap mempunyai kualitas, maka mereka tetap akan memilihnya. 
 
"Pilkada kemarin menunjukkan bahwa figur itu penting, boleh saja nggak suka dengan partainya, tapi kalo figurnya suka ya suka orangnya tetap. Jadi pelajaran yang kita ambil, calon yang diinginkan rakyat, calon yang diputuskan oleh partai harus seiring sejalan," paparnya. 
 
Hal ini menjadi evaluasi bagi parpol untuk mendorong calon pemimpin yang sesuai keinginan masyarakat. 
 
"Jadi tidak bisa sekarang itu mengatakan 'wah, saya ini partai besar, jadi semau-mau saya', tidak bisa seperti itu, nanti ditolak oleh rakyat," tutupnya. 
 
Untuk diketahui PAN bersama Partai Nasdem memperoleh hasil yang cukup memuaskan pada Pilkada serentak 2018 yang berlangsung di 171 daerah pada Rabu (28/6) kemarin. 
 
Dari data yang kami terima, pada Pilgub di 17 Provinsi, PAN dan Partai Nasdem meraih kemenangan sebesar 58,8%. Sementara itu dua parpol poros utama pada Pilpres 2019 mendatang yakni PDIP dan Partai Gerindra justru berada di posisi terbawah dengan presentase kemenangan hanya 23,5% untuk PDIP, dan 17,6% untuk Partai Gerindra. **
 
Reporter :
Editor :
- Dilihat 7910 Kali
Berita Terkait

0 Comments