Nasional / Politik dan Pemerintahan /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 27/06/2018 11:03 WIB

Exit Poll LKPI: Milton-Boyman Unggul pada Pilgub Kalbar

Milton Crosby Boyman Harun
Milton Crosby Boyman Harun
JAKARTA, DAKTA.COM - Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) melakukan jajak pendapat usai para pemilih menggunakan hak pilihnya di 1.821 TPS dari total 11.658 TPS yang  berasal dari 141 kecamatan dan 1.411 desa/ kelurahan se-kalimantan Barat.
 
Direktur Eksekutif LKPI, Arifin Nur Cahyono mengatakan kalau penelitian "exit poll" ini dilakukan lembaga yang dipimpinnya menggunakan sampel 2 pemilih laki-laki dan 2 pemilih perempuan di setiap TPS yang dijadikan sample penelitian.
 
Metode exit poll dilaksanakan dengan mewawancarai pemilih seusai melakukan pemilihan di TPS. Pemilih pun dipilih secara acak dan tidak mewakili suara TPS secara keseluruhan. 
 
"Exit poll belum tentu mencerminkan hasil akhir dari quick count. Exit poll ini hanya pendapat, kalau quick count itu pilihan," jelas Arifin dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, pada Rabu (27/6).
 
Exit Poll digelar ketika TPS di Kalimantan Barat mulai dibuka hingga pukul 09:00 pagi. Hasilnya, pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Milton Cosby-Boyman Harun memperoleh 41,4% suara dan Sutarmidji -Ria Norsan mengantongi 20,9 %, dan Pasangan Karolin Margaret -Suryadman Gidot 20,1 persen. Sementara yang merahasiakan pilihanya sebesar 17,6 %.
 
Para pemilih, kata dia, berasal dari berbagai macam profil. Misalkan dari tingkat Pendidikan pemilih yaitu pemilih berpendidkan  S1/Diploma  atau lebih tinggi 7,1%, lulus SLTA sebesar 48,1%, SMP 23,3%, tamat SD atau sederajat 10,4%, dan tidak sekolah 11,1%.
 
Arifin menjelaskan dari hasil wawancara, alasan pemilih memilih pasangan Milton Crosby -Boyman Harun karena pasangan ini akan membawa kedamaian dan keharmonisan masyarakat Kalimantan Barat serta mampu memajukan perekonomian di Kalimantan Barat.
 
"Sementara alasan pemilih yang memilih pasangan Sutarmidji -Ria Norsan beralasan karena kesamaan latar belakang suku dan agama yang dianut oleh pemilih dengan Sutarmidji -Ria Norsan," ungkap Arifin. 
 
Jawaban yang sama oleh pemilih yang memilih pasangan Pasangan Karolin Margaret -Suryadman Gidot yang juga beralasan karena kesamaan latar belakang suku dan agama yang dianut oleh pemilih dengan pasangan Karolin Margaret -Suryadman Gidot. **
 
Reporter :
Editor :
- Dilihat 5204 Kali
Berita Terkait

0 Comments