Nasional / Politik dan Pemerintahan /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 13/06/2018 14:00 WIB

DPR: Kunjungan Staquf ke Israel Rusak Diplomasi Indonesia

Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari
Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari
JAKARTA, DAKTA.COM - Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari, mengkritisi kunjungan Yahya Cholil Staquf menjadi pembicaraan bukan karena prestasi tapi karena arogansi dirinya yang datang ke Israel, dengan alasan memenuhi undangan konferensi hubungan Yahudi-Amerika di Yerusalem Palestina, yang jelas secara langsung atau tidak langsung telah merusak jalan diplomasi Palestina yang telah ditempuh oleh Indonesia sejak lama.
 
"Indonesia baru dapat amanah terpilih menjadi salah satu anggota tidak tetap di Dewan Keamanan PBB belum sempat bekerja kita dibuat malu didepan dunia internasional dengan arogansi seorang Staquf yang nota bene anggota Dewan Pertimbangan Presiden yang menghadiri konferensi Yahudi di Israel, semoga ada sikap tegas Presiden Jokowi terhadap Staquf, jelas sekali Staquf telah menyakiti Palestina dan Indonesia bahkan dunia Islam" tegas Abdul Kharis dalam keterangan tulisnya pada Rabu, (13/6).
 
Anggota Legislatif asal PKS ini menegaskan kembali posisi Staquf yang tidak bisa begitu saja mengatasnamakan pribadi, namun secara pasti tidak dapat dilepaskan sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres).  Harus ada langkah tegas dari Istana, karena ini jelas membuat blunder diploma bersama Palestina.
 
"Istana harus jelaskan sejelas-jelasnya, di mana posisi Presiden Jokowi terhadap langkah Staquf, sudah clear posisi kita bersama Palestina  jadi rusak karena nila setitik yang ditorehkan Staquf, lihat reaksi Palestina melalui Fatah dan Hamas, jelas ini blunder diplomasi dan ketidak mampuannya Istana menertibkan staf dan orang disekelilingnya Presiden" jelas Kharis.
 
Anggota DPR asal Solo ini juga mengingatkan hubungan diplomatik yang kuat dengan Palestina selama ini telah dilanjutkan dengan baik oleh pemerintahan Jokowi melalui langkah-langkah politik luar negeri yang terimplementasi dalam kebijakan kementerian luar negeri yang merupakan mitra kerja komisi I DPR RI. 
 
"Setiap saat kita bicara Palestina dengan Ibu Menlu, ditegaskan dan diingatkan terus kepercayaan besar Palestina kepada Indonesia menjadi kunci Indonesia dipercaya oleh negara-negara Muslim, sehingga Indonesia  memegang posisi penting lobi di dunia internasional jangan sampai kepercayaan itu hilang  karena nila setitik tadi. Siapapun dan atas nama apapun seharusnya dia bisa menempatkan diri di mana dan kapan harus mengambil tindakan yang tepat terkait Palestina, apalagi di saat situasi di sana sedang memanas pasca tewasnya ratusan warga dan ribuan yang terluka di Gaza," tutupnya mengingatkan.
**
Editor :
Sumber : Abdul Kharis
- Dilihat 2468 Kali
Berita Terkait

0 Comments