Nasional /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 08/06/2018 13:22 WIB

Komisi V Kritik Ongkos Mudik Selalu Melambung

Wakil Ketua Komisi V DPR RI Sigit Sosiantomo
Wakil Ketua Komisi V DPR RI Sigit Sosiantomo
JAKARTA, DAKTA.COM - Memasuki masa mudik lebaran, Komisi V DPR RI melakukan sidak ke beberapa terminal dan stasiun yang menjadi titik tolak masyarakat untuk mudik ke kampung halaman. Mereka menemukan harga tiket yang melonjak melebihi ketentuan batas atas dari pemerintah. 
 
"Semestinya jika mengikuti teori pasar, mestinya saat-saat momen puncak penumpang seperti ini, harusnya justru diberikan diskon lebih murah dari hari biasanya," kritik Wakil Ketua Komisi V DPR RI Sigit Sosiantomo, Jumat (8/6).
 
Sigit mengatakan, pada saat masa arus mudik dimana menjadi ritual tahunan seakan-akan dijadikan peluang bisnis bagi perusahaan angkutan umum untuk meraup keuntungan besar. 
 
"Jangan sampai momen lebaran ini justru menjadi momen untuk mencari keuntungan sebesar-besarnya. Mestinya sesuai dengan peraturan menteri itu ada batas atas dan batas bawahnya," lanjut politisi Fraksi PKS ini. 
 
Hal ini menurut Sigit harus mendapatkan perhatian serius dari pemerintah apabila ingin menciptakan mudik yang aman dan nyaman bagi masyarakat.
 
"Ini harus menjadi catatan serius bagi pemerintah, karena kalo ongkos mudik ini mahal, nanti masyarakat justru enggan naik angkutan umum dan balik lagi memakai kendaraan pribadi," tutupnya. 
 
Diperkirakan mulai hari ini masyarakat sudah melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman masing-masing dari Jakarta mengingat pada hari Senin, 11 Juni sudah memasuki masa cuti bersama Idul Fitri. **
 
Reporter : Boy Aditya
Editor : Asiyah Afifah
- Dilihat 123 Kali
Berita Terkait

0 Comments