Nasional / Otomotif /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 05/06/2018 09:36 WIB

Jelang Lebaran Penjualan Mobil Alami Peningkatan

Para pemudik yang memilih menggunakan kendaraan mobil untuk menuju kampung halamnnya
Para pemudik yang memilih menggunakan kendaraan mobil untuk menuju kampung halamnnya
JAKARTA, DAKTA.COM - Menjelang hari raya Idul Fitri dimanfaatkan sebagian orang untuk membeli mobil baru. Biasanya mobil baru dibeli mungkin untuk dibawa mudik ke kampung halaman.
 
Tak heran, penjualan mobil jelang lebaran pun biasanya mengalami kenaikan. Toyota Astra Motor (TAM) mengaku mengalami peningkatan penjualan retail (penjualan dari diler ke konsumen langsung) pada Mei 2018 dibanding bulan sebelumnya.
 
"Toyota sendiri penjualan retail Mei ini naik sekitar 9,6 persen dibanding April. Angkanya mendekati 33 ribu unit," kata Wakil Presiden Direktur TAM, Henry Tanoto di acara buka puasa bersama Toyota dengan media otomotif nasional di Jakarta, Senin (4/6).
 
Itu baru angka penjualan retail atau penjualan dari diler ke konsumen. Namun, menurut Henry, penjualan wholesales atau distribusi dari pabrik ke diler tak mengalami kenaikan.
 
"Kalau wholesales memang sedikit turun, hampir sama lah dengan April. Tapi nggak lain karena sebenarnya Juni kan hari liburnya banyak, jadi kita ingin stoknya itu menyesuaikan dengan hari kerja di bulan Juni yang sangat sedikit (sehingga tidak terjadi pemumpukan stok di diler kalau didistribusikan terlalu banyak)," terang Henry.
 
"Perbedaan wholesales dan retail Toyota itu sekitar 4.000-an di bulan Mei. Karena ingin stok di diler untuk bulan Juni yang hari kerjanya pendek cukup sesuai," sambungnya.
 
Sementara itu, Toyota Avanza masih diburu ribuan konsumen. Mobil sejuta umat dari Toyota itu mengalami kenaikan penjualan retail (penjualan dari diler ke konsumen) sekitar 30 persen pada Mei dibanding April.
 
"Angka retailnya 9.438 unit. Menurut saya (mengapa Avanza masih diminati) kembali kepada kebutuhan masyarakat terhadap kendataan 7-seater yang multifunction," ucap Henry. **
Editor :
Sumber : Detik.com
- Dilihat 14312 Kali
Berita Terkait

0 Comments