Nasional /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 24/05/2018 19:00 WIB

Komisi VIII Desak Kemenag Cabut Daftar Mubaligh

Wakil Ketua Komisi VIII Sodik Mudjahid
Wakil Ketua Komisi VIII Sodik Mudjahid
JAKARTA, DAKTA.COM - Wakil Ketua Komisi VIII Sodik Mudjahid mendesak Kementerian Agama untuk segera mencabut rilis 200 mubaligh yang mendapatkan rekomendasi dari mereka. 
 
"Kebijakan ini muncul dalam waktu yang tidak tepat, baru saja ada kasus teror bom yang membuat stigma negatif terhadap umat Islam. Lalu Kemenag mengeluarkan rilis itu, ini bisa membuat kita terpecah," kritik Sodik saat rapat kerja bersama jajaran Kemenag pada Kamis (24/5).
 
Namun Sodik menyetujui jika adanya program sertifikasi dan standardisasi terhadap para mubaligh untuk menentukan kualitas mereka. 
 
"Lebih baik tetapkan saja standar yang harus diikuti, karena saya pun mengakui masih banyak para dai yang tidak mempunyai ilmu keagamaan yang cukup. Maka dari itu perlu ada standar yang ditetapkan, ini lebih fair," imbuhnya. 
 
Sodik mengusulkan program sertifikasi itu diserahkan sepenuhnya kepada MUI untuk dikomunikasikan dengan ormas Islam lainnya. 
 
"Jadi nanti mereka yang merumuskan bagaimana kriterianya, rilis itu diserahkan saja sebagai masukan, lalu nanti dibahas bersama ormas-ormas Islam lain di sana," tutupnya. 
 
Munculnya daftar nama mubaligh yang mendapatkan rekomendasi dari Kemenag beberapa waktu lalu menimbulkan kontroversi, dikabarkan nama-nama tersebut sudah bertambah dari hanya 200 menjadi 560 orang. 
 
Namun meskipun ditambah, Komisi VIII DPR RI mendesak agar Kemenag mencabut daftar tersebut karena meskipun menambah daftar nama, tetap dianggap tidak dapat meredam kegaduhan di masyarakat. **
Reporter :
Editor :
- Dilihat 834 Kali
Berita Terkait

0 Comments