Nasional / Olahraga /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 10/06/2015 11:08 WIB

Evan Dimas Bawa Kemenangan Untuk Timnas U 23

evan dimas
evan dimas

SINGAPURA_DAKTACOM: Timnas U-23 Indonesia tinggal selangkah lagi ke babak semifinal SEA Games 2015 setelah mengalahkan Filipina 2-0 (2-0) pada kualifikasi sepak bola grup A di Stadion Jalan Besar Singgapura, Selasa.

Gol kemenangan Timnas Indonesia diborong kapten tim Evan Dimas menit ke-3 dan 23.

Dengan kemenangan telak itu, Timnas U-23 yang pada laga itu tidak lagi mengenakan pita hitam, tinggal selangkah lagi untuk bisa menembus babak semifinal menyusul Myanmar yang sudah memastikan diri lolos mewakili grup A.

Timnas saat ini menempati peringkat kedua grup A dengan nilai enam hasil dua kali menang dan sekali seri. Nilai tim asuhan pelatih Aji Santoso itu sama dengan tuan rumah Singapura, namun tim Merah Putih unggul selisih gol lima. Sedangkan Singapura selisih dua gol.

Meski demikian untuk memastikan lolos ke babak semifinal, tim berjuluk Garuda Muda itu harus menjalani satu pertandingan penting melawan Singapura. Timnas hanya butuh nilai satu atau seri pada pertandingan yang akan digelar pada Kamis (11/6) di Stadion Jalan Besar itu.

Pertandingan itu akan menjadi laga hidup mati bagi tim Indonesia yang dalam dua kali penyelenggaraan SEA Games selalu menembus babak final. Sedangkan Singapura kalah selisih gol dari Indonesia harus menang dalam pertandingan menentukan itu.

Sebaliknya bila Timnas kalah dalam laga lusa, maka dipastikan satu tempat semifinal wakil grup A menjadi milik tuan rumah.

Pada pertandingan yang dipimpin wasit Azis Asimov dari Uzbekistas pertandingan berlangsung kurang berimbang. Evan Dimas dkk bermain agresif sepanjang pertandingan mengurung pertahanan Filipina yang lebih menerapkan permainan bertahan.

Sejak pertengahan babak pertama, sektor pertahanan tim Filipina yang dimotori disibukkan dengan umpan-umpan terobosan dari Timnas U-23 yang unggul di semua lini. Hansamu Yama Pranata yang kembali menjadi pilar di lini belakang tampil lebih tenang dan taktis dalam mematahkan serangan Filipina yang tidak banyak membahayakan gawang Timnas yang kembali dikawal Teguh Amirudin.

Teguh yang dipercaya pelatih Aji Santoso mengawal gawang Garuda Muda melakukan penyelamatan gemilang menit 42 dengan menjinakkan tembakan striker Filipina Gerardo Lii Valmayor yang sudah lolos dan berhadapan satu lawan satu dengan kiper kelahiran Malang Jawa Timur itu.

Pada babak kedua, Filipina bermain lebih baik meski tetap dalam kurungan Evan Dimas dkk. Pada menit ke-52, Indonesia sempat memiliki peluang mencetak gol ketika Evan Dimas dijatuhkan di kotak penalti. Namun wasit Asimov tidak menunjuk titik "dua belas pas" itu.

Memasuki menit ke-61, kapten timnas yang juga pencetak dua gol, Evan Dimas ditarik keluar digantikan oleh Wawan Febrianto. Kemudian M Hargianto menggantikan Adam Alis.

Meski mengurung namun Indonesia gagal menambah jumlah gol dan hingga pluit panjang dibunyikan wasit Azis Asimov, kedudukan bertahan 2-0. Wasit mengeluarkan kartu kuning kepada bek Shilmar Felongco (Filipina).

Susunan pemain

Timnas: Teguh Amirudin, Vava Mario Zagalo, M Abdul Lestaluhu, Evan Dimas/Wawan Febrianto, Ahmad Nufiandani, Muchis Hadi Ning Syaifullah, Agung Prasetyo, Hansamu Y Pranata, Paolo Sitanggang, Adam Alis/Hargianto, Zulfiandi.

Filipina: Florencio Badelic, Mark Anthony Besana, Neil Dorimon, Flicht jhonson David, Juan Mariano Arboleda, Nathanael Andrew, Arnel Amita, Daniel Bernan, Jaime Vicenzo, Shermar Felongco, Gerardo Lii.

Editor :
Sumber : ANTARANews
- Dilihat 1385 Kali
Berita Terkait

0 Comments