Nasional / Sosial /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 09/06/2015 15:01 WIB

Sinabung Kembali Erupsi, Rumah Zakat Gelar Aksi Peduli Bencana

Pengungsi erupsi gunung Sinabung
Pengungsi erupsi gunung Sinabung

KARO_DAKTACOM : Rumah Zakat melalui relawannya menggelar aksi Peduli Bencana untuk korban Gunung Sinabung. Gunung yang terletak di Kabupaten Karo ini kembali erupsi sejak Selasa (2/6), hingga kini statusnya naik dari Siaga menjadi Awas.

Kondisi ini berpotensi terjadi guguran kubah yang diikuti awan panas ke selatan dan tenggara sejauh sekitar 7 km dari puncak kawah. Akibat dari kenaikan status Gunung Sinabung, 2.727 warga kembali mengungsi. Bahkan sebanyak 54 KK dari Desa Belali dan Desa Tarorare harus direlokasi karena bahaya ancaman awan panas.

“Relawan RZ sudah memulai aksi peduli bencana sejak Jumat (05/06) lalu, berpusat di posko Desa Batu Karang. Disini ada sekitar 1.018 jiwa yang mengungsi. Kami membawa ambulance untuk membantu evakuasi warga yang terluka ke rumah sakit dan juga membawa bantuan logistik untuk para pengungsi,” jelas Hassa Dyma, Relawan RZ, Selasa (9/6).

Relawan RZ membawa perlengkapan berupa 1 set tungku kompor, 2 dandang untuk memasak air, 4 buah tabung LPG, 2 buah dispenser beserta galon, 2 buah alas tikar, 1 buah lampu emergency, 20 meter wayar listrik, 6 set kran air, 30 buah ember besar tempat nasi dan tempat sampah, 3 buah sendok masak, 20 buah sendok sayur dan 10 lusin gelas plastik untuk keperluan pembangunan posko hangat juga tambahan perlengkapan dapur umum. Selain itu, relawan juga membawa bantuan makanan yang terdiri dari 1 kg bumbu dapur, 20 kg gula pasir, 8 kg kopi dan 20 bungkus teh celup.

Selain penyediaan posko hangat dan perlengkapan logistik, relawan juga membawa berbagi macam perlengkapan belajar anak-anak dan membuat kelas belajar, mengingat ada sekitar 150 anak-anak yang juga turut mengungsi di posko Desa Batu Karang. Perlengkapan belajar anak-anak itu diantaranya 30 buku bacaan anak-anak, 10 buah alat hitung, 10 buah meja belajar dan 2 buah white board untuk keperluan belajar bersama sekaligus trauma healing.

“Kondisi Gunung Sinabung masih belum stabil, karenanya Relawan RZ akan tetap melakukan aksi disini hingga situasi benar-benar telah aman,” pungkas Hassa.

Editor : Dakta Administrator
Sumber : Rumah Zakat
- Dilihat 1851 Kali
Berita Terkait

0 Comments