Bekasi /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 11/05/2018 13:53 WIB

Tahun Ini SMP Negeri Kota Bekasi Terima Siswa Inklusi

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Alie Fauzi
Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Alie Fauzi
BEKASI, DAKTA.COM - Tahun ini Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bekasi akan membuka jalur pendaftaran masuk SMP Negeri bagi peserta didik berkebutuhan khusus (Inklusi). Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi (Kadisdik), Alie Fauzi, mengatakan, ada enam siswa inklusi yang tahun ini telah mengikuti ujian SD, artinya mereka akan beranjak ke tingkat selanjutnya yaitu SMP. 
 
“Kuotanya hanya 2 persen, paling enam orang.  dari SD Jatimekar ada 3 orang. Mereka pasti diterima masuk sekolah Negeri,” ujar Alie, Jumat (11/5).
 
Adapun sekolah yang ditetapkan oleh Disdik untuk menerima siswa inklusi adalah SMP Negeri 34 Kota Bekasi, yang berlokasi di Jalan Wibawa Mukti, Kelurahan Jatimekar, Kecamatan Jatiasih, Bekasi. Alasan dipilihnya sekolah tersebut, tidak lain karena jaraknya yang dekat dengan SD tempat anak-anak ini bersekolah.
 
“Sementara tahun ini hanya SMP Negeri 34 dulu. Nanti akan kita turunkan SK nya,” imbuh Kadisdik.
 
Lebih lanjut, Alie menuturkan, standar penilaian, penanganan dan pengajaran bagi para peserta didik berkebutuhan khusus ini tentu berbeda dengan siswa pada umumnya. Untuk itu, Disdik akan memberikan pelatihan khusus kepada para guru.
 
“Ini merupakan tantangan sekaligus terobosan bagi kita semua, khususnya pihak sekolah. Kita akan memberikan pelatihan dan pendampingan kepada guru di sana, terkait bagaimana menangani anak inklusi,” paparnya.
 
Untuk mengantisipasi terjadinya diskriminasi atau bullying kepada anak-anak inklusi tersebut, Kadisdik meminta para guru agar memberikan pemahaman terus-menerus kepada anak-anak lainnya.
 
“Jadi anak-anak yang umum ini harus diberikan motivasi, beruntung mereka sehat dan normal, untuk itu belajarlah lebih giat lagi dan saling menghargailah satu sama lain,” tutup Alie.
 
Reporter : Warso Sunaryo
Editor : Asiyah Afifah
- Dilihat 674 Kali
Berita Terkait

0 Comments