Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 10/05/2018 00:02 WIB

Sidak ke PT WBLS, Tim Pora Temukan 26 TKA Asal Tiongkok

Ilustrasi Sidak Tenaga Kerja Asing
Ilustrasi Sidak Tenaga Kerja Asing
CIKARANG, DAKTA.COM - Tim Pengawasan Orang Asing (PORA) Kabupaten Bekasi melakukan sidak ke PT. Wan Bao Long Steel (WBLS) di Desa Waringin Jaya, Kecamatan Kedungwaringin.
 
Dari hasil sidak itu ditemukan sebanyak 26 orang asing asal tiongkok yang bekerja di perusahaan baja tersebut, kesemuanya memiliki dokumen lengkap.
 
Meski dokumennya lengkap, namun pendamping tenaga kerja asing dari perusahaan tidak bisa berbicara tiongkok, sehingga proses penyaluran ilmu dari tenaga kerja asing ke tenaga kerja lokal tidak berjalan.
 
Ketua Tim PORA Kabupaten Bekasi, Rudiono, mengatakan, berdasarkan aturan, pendamping perusahaan wajib bisa berbahasa asing sehingga tenaga kerja asing yang memberikan skillnya ke tenaga kerja lokal.
 
"Perusahaan wajib mengkursuskan pendamping agar bisa berbahasa asing sehingga dalam waktu target empat tahun, tenaga kerja asing bisa mentransferkan teknologi," ucapnya, Rabu (9/5).
 
Terkait dengan ditemukannya tenaga kerja asing itu mengoperasikan mesin bubut saat anggota Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) datang beberapa waktu lalu, diakui Rudiono memang saat itu tenaga kerja asing sedang mengajari tenaga kerja lokal untuk mengoperasikan mesin tersebut.
 
Sementara itu dalam proses sidak di PT WBLS Tim Pora terdiri dari Bakesbangpol, Kodim 0509, Polrestro Bekasi, Disnaker, dan Imigrasi. **
Reporter : Ardi Mahardika
Editor : Asiyah Afifah
- Dilihat 1157 Kali
Berita Terkait

0 Comments