Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 27/04/2018 15:05 WIB

Cegah Penyakit Prostat dengan Hidup Sehat Berolahraga

Dr. Firtantyo Adi Syahputra, Sp.U, FICS, saat bincang sehat bersama RS Citra Harapan di Radio Dakta
Dr. Firtantyo Adi Syahputra, Sp.U, FICS, saat bincang sehat bersama RS Citra Harapan di Radio Dakta
BEKASI, DAKTA.COM - Tahukah anda gejala prostat? Jika anda sering terbangun pada malam hari untuk berkemih, dan lebih banyak dari biasanya, merasa pancaran berkemih melemah, tidak lampias setelah berkemih, harus mengedan ketika berkemih, ataupun tergesa-gesa ketika akan berkemih, sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter.
 
Dokter Spesialis Urologi, dr. Firtantyo Adi Syahputra, Sp.U, FICS, mengatakan, Prostat merupakan sebuah kelenjar yang hanya dimiliki seorang laki-laki, berbentuk sangat kecil seperti buah kenari dan terletak di kandung kemih seorang pria.
 
"Prostat sebenarnya berfungsi sebagai salah satu produsen penghasil cairan mani dan sebagai salah satu regulator produksi hormon Progesteron," ucapnya dalam Talk Show Bersama Rumah Sakit Citra Harapan Bekasi di Radio Dakta, Jumat (27/4).
 
Dr. Tio menyampaikan, penyebab penyakit prostat karena multifaktorrial, dan memang prostat ada sejak pria lahir tapi akan meningkatkan seiring dengan adanya hormon progesteron dri seorang laki-laki.
 
"Faktor resiko utama yang mempengaruhi prostat karena faktor usia, kemudian lainnya produksi hormon progesteron dari laki-laki seiring pertumbuhan usia setelah usai pubertas produksi hormon terus bertambahdan biasany diatad udia 50 tahun baru menimbulkan masalah, faktor resiko yang lain ada penelitian yang menyatakan adalah obesitas," paparnya.
 
Jadi memang pencegahan yg paling mudah adalah biasakan hidup sehat denagan berolahraga karena dari data menyatakan mereka yang obesitas memiliki lingkar pinggang diatas 190 cm  bisa meningkat sampai dua kali lipat untuk menderita penyakit prostat di kemudian hari.
 
Mengikuti perkembangan ilmu kedokteran serta menyadari tuntutan tinggi masyarakatakan pelayanan kesehatan mutakhir, Rumah Sakit Citra Harapan kini telah membuka layanan pengobatan masalah prostat dan saluran kemih lainnya yang akan dilayani oleh dokter spesialis urologi.
   
 
Editor : Asiyah Afifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 9063 Kali
Berita Terkait

0 Comments