Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 03/05/2018 14:56 WIB

Lomba RW Zero Criminal Pacu Semangat Warga

Sinergitas Tiga Pilar dalam Lomba RW Zero Criminal
Sinergitas Tiga Pilar dalam Lomba RW Zero Criminal

BEKASI, DAKTA.COM - Lomba RW Zero Criminal tingkat kecamatan bertujuan mendorong partisipasi warga menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan telah dimulai di Kota Bekasi, Rabu, (2/5).Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Pol Ind arto, Pj Walikota Bekasi, Ruddy Gandakusumah, dan Dandim 0507/Kota Bekasi, Letkol Arm Abdi Wirawan, mendatangi langsung kedua lokasi RW yang menjadi objek penilaian untuk pertama kali.

Unsur Muspida mengunjungi warga di Kavling Basriah RW 05 Kelurahan Harapan Mulya Kecamatan Medan Satria sebagai lokasi pertama dan lokasi kedua di RW 09 Perum Prima Harapan Regency Kelurahan Harapan Baru Kecamatan Bekasi Utara Kota Bekasi. Walaupun, penilaian zero criminal ini berlangsung malam hari, antusiasme warga terlihat cukup tinggi serta menjadi momen menjalin silaturahmi. Apalagi acara ini turut dihadiri unsur keamanan wilayah, camat, dan para lurah.

Ketua RW 05 Harapan Mulya, Maryono, mengatakan sangat mendukung kegiatan zero kriminal dan akan mengajak warga lain bergotong-royong melakukan siskamling serta menjaga ketertiban termasuk pencegahan tindak kriminalitas.

"Ada sekitar 2000 warga di RW 05 dan kita bisa tingkatkan keamanan wilayah dengan pelibatan patroli polsek dan linmas ke depan. Mudah-mudahan bisa menjadi juara dalam lomba RW Zero Criminal di tahun ini," harap Maryono.

Para unsur pimpinan daerah tidak lupa mengapresiasi keikutsertaan warga masyarakat dalam memelihara ketertiban dan keamanan di wilayah sehingga harapannya mampu mencegah tindak kriminalitas walau sekecil apapun di dua tempat ini .

Seperti diutarakan Kapolres Metro Bekasi Kota Indarto bahwa lomba RW Zero Criminal tingkat Kota Bekasi digelar untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan rasa aman diri sendiri dan lingkungan. Pemberian bonus bagi RW Zero Criminal terbaik hanya sebagai stimulus agar kompetisi lomba lebih menarik perhatian warga dan akhirnya bisa lebih peduli lingkungan.

"Siapa sih yang tidak ingin rasa aman, pasti semuanya ingin rasa aman. Maka dari itu, perlu diwujudkan bersama aparatur dan tentu membutuhkan peran masyarakat di dalamnya. Maka lomba Zero Criminal kita inisiasi untuk menggelorakan seluruh RW Kota Bekasi lebih sadar dan peduli keamanan lingkungan. Jika menjadi juara ya bonusnya akan diberi hadiah," kata Indarto.

Indarto melanjutkan, pihaknya bersama Pemerintah Kota Bekasi, Kodim 0507, Kejaksaan, dan Pengadilan terus bersinergi membangun masyarakat Kota Bekasi yang aman dan kondusif apalagi baru-baru ini mencuat kasus miras oplosan yang menyebabkan korban meninggal dunia.

"Koordinasi tiga pilar kita lakukan seperti pada kasus peredaran miras oplosan di Kota Bekasi. Alhamdulillah atas kerja sama semua pihak dan kita dorong, sekarang sudah berkurang peredaran miras oplosan dan minuman keras lainnya. Kita tekan hingga di titik zero miras oplosan dan semoga bisa kita pertahankan karena dari mengonsumsi miras akan menjadi titik mula banyak terjadinya tindak kejahatan besar di masyarakat," harap Indarto.

Sementara itu, Pj Walikota Bekasi, Ruddy Gandakusumah, mengapresiasi kegiatan lomba RW Zero Criminal yang diadakan Polres Metro Bekasi Kota sebagai upaya menjaga kamtibmas di wilayah. Pihaknya siap mendukung sepenuhnya jajaran TNI Polri. 

Ia menilai semangat jiwa kegotong-royongan warga masyarakat Kota Bekasi cukup tinggi meski terdiri dari berbagai suku bangsa.

"Dengan semangat kegotong-royongan dan komitmen yang besar apapun bisa diselesaikan. Zero Miras Oplosan pun akan bisa terwujud. Jumlah aparat juga terbatas bila tidak didukung masyarakat sehingga tidak mungkin maksimal,” ungkap Ruddy pada kunjungan kedua di RW 09 Perum Prima Harapan Regency.

Pada akhir arahannya, ia menyampaikan imbauan kepada warga agar menggunakan hak pilihnya pada pemilihan kepala daerah di tingkat Gubernur Jawa Barat dan Pemilihan Walikota Bekasi pada 27 Juni 2018 mendatang.

Siapapun yang terpilih, kata Ruddy, diharapkan mampu mengemban amanah 2.8 juta penduduk Kota Bekasi.**

Reporter : Warso Sunaryo
Editor : Dakta Administrator
- Dilihat 5149 Kali
Berita Terkait

0 Comments