Nasional /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 26/04/2018 17:05 WIB

Rumah Zakat Gelar Pelatihan dan Simulasi Bencana

Rumah Zakat menggelar Pelatihan dan Simulasi Bencana peringati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional
Rumah Zakat menggelar Pelatihan dan Simulasi Bencana peringati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional
BLORA, DAKTA.COM -  Rumah Zakat menggelar Pelatihan Tanggap Bencana dan Simulasi Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Kebakaran pada Kamis, (26/4). Kegiatan yang bertempat di Desa Sempu, Kecamatan Kunduran, Kabupaten Blora tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) 2018.
 
Kegiatan tersebut bertujuan untuk membudayakan latihan secara terpadu, terencana dan berkesinambungan dengan demikian, diharapkan bisa meningkatkan kesadaran, kewaspadaan, dan kesiapsiagaan masyarakat menuju Indonesia Tangguh Bencana.
 
Pelatihan dan simulasi bencana tersebut diikuti oleh puluhan peserta dan melibatkan petugas dari BPBD Kabupaten Blora, serta pihak Pemadam Kebakaran (Damkar). Hadir pula Pujo Catur Santoso selaku Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat Satpol PP Kabupaten Blora. 
 
“Atas nama pemerintah, Satpol PP, dan BPBD Kabupaten Blora saya ucapkan terima kasih kepada Rumah Zakat. Saya mengapresiasi karena sudah ikut serta berpartisipasi dalam peringatan HKBN 2018 ini,” kata Catur. 
 
Sementara itu, Fasilitator Rumah Zakat, Tulus Prihadi mengatakan, dalam kegiatan tersebut dilakukan beberapa praktek kesiapsiagaan bencana kebakaran. Diantaranya, tindakan pertama saat terjadi kebakaran, serta proses evakuasi terhadap korban.
 
“Simulasi ini ditutup dengan praktek penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan pemadaman api dengan karung goni. Hal tersebut merupakan keterampilan dasar yang harus dipahami seluruh peserta ketika terjadi kebakaran," ucapnya.
 
Editor :
Sumber : Rilis Rumah Zakat
- Dilihat 691 Kali
Berita Terkait

0 Comments