Nasional / Hukum dan Kriminal /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 25/04/2018 13:30 WIB

LH ILUNI UI Berikan Bantuan Hukum dan Pendidikan Bagi Alumni

Berikan Pendidikan dan Perlindungan Hukum Untuk Alumni ILUNI UI Luncurkan Lembaga Hukum
Berikan Pendidikan dan Perlindungan Hukum Untuk Alumni ILUNI UI Luncurkan Lembaga Hukum

JAKARTA, DAKTA.COM - Pengurus Pusat Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) Periode 2016 -2019 dibawah Pimpinan Arief Budhy Hardono kembali membuat terobosan dan gebrakan untuk anggotanya. Terobosan yang dibuat kali ini  pendirian dan peluncuran Lembaga  Hukum (LH ) ILUNI UI. Gebrakannya, tidak lain  memberikan pendidikan, pengkajian dan pencerahan sekaligus penyadaran di bidang hukum.  

“Kami ingin memberikan pendidikan dan penyadaran  hukum atas  segala peraturan yang berlaku di Indonesia kepada para alumni Universitas Indonesia dan juga anggota masyarakat lainnya. Bila warga ILUNI UI sudah memahami dan menyadari segala macam peraturan dan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, insya Allah warga ILUNI UI akan terhindar dari berbagai tuntutan hukum. Namun bila karena satu dan laim hal, ada warga ILUNI UI yang terseret kasus hukum, maka  lewat lembaga  hukum ILUNI UI yang kami luncurkan hari ini, akan memberikan bantuan kepada para alumni UI atau warga masyarakat lainnya yang terseret atau terkena kasus hukum itu sendiri,” papar Sekretaris Jenderal (Sekjen) ILUNI UI Andre Rahardian, Rabu (25/4) di sela-sela peluncuran LH ILUNI UI di  Kampus UI Depok. Hadir dalam acara tersebut Ketua Umum ILUNI UI Arief Budhy Hardono,Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual Dr Freddy Haris,Ketua yang juga juru bicara ILUNI UI Eman Sulaeman Nasim dan Direktur kerjama dan hubungan antar alumni UI Erwin Nurdin.

Lebih lanjut Andre Rahadian menjelaskan, LH ILUNI UI yang dipimpin  Herman Setiawan pengurusnya  berasal  dari berbagai fakultas dan generasi di lingkungan UI. Bukan hanya dari fakultas hukum UI. Hal ini disebabkam, karena alumni UI itu dari berbagai fakultas dan generasi. Selain itu, hukum dan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia tidak hanya membahas soal hukum semata. Melainkan membahas atau mengatur bidang lain seperti ekonomi perbankan, pertambangan, konstruksi dan sebagainya.

“Untuk itulah, LH ILUNI UI melibatkan alumni-alumni UI dari berbagai fakultas. Dengan melakukan pelatihan, pendidikan dan pencerahan di bidang hukum disertai  pakar bidang lain misalnya pakar ekonomi perbankan, pakar penerbangan, atau pakar pertambangan minyak dan gas, pemberikan sosialisasi, pendidikan dan pencerahan di bidang hukumnya lebih masuk untuk para warga ILUNI UI Peserta training, pencerahan maupun sosialisasinya,” tambah Andre Rahadian.

Selain memberikan bantuan pelatihan dan bantuan advokasi bidang hukum, sesuai dengan kebijakan kepengurusan dan melalui  LH ILUNI  juga akan melakukan kajian terhadap peraturan perundang-undangan yang sudah berlaku untuk dilakukan evaluasi guna penguatan, usulan perbaikan, revisi dalam bentuk saran dan rekomendasi kepada Pemerintah dan DPR serta dapat berperan aktif memberikan masukan atas peraturan Perundang-undangan yang sudah ataupun yang belum masuk ke dalam Prolegnas.

Peresmian dan peluncuran  LH ILUNI  UI yang dilakukan di faculty club Kampus UI Depok tersebut  disertai dengan penyelenggaraan Seminar  Hukum yang mengambil Tema Urgensi Paten Menuju Universitas Berbasis Riset Sebagai Apresiasi Intelektual Dan Strategi Komersial. Seminar yang menghadirkan  Direktur Jenderal (Dirjen) Kekayaan Interlsktual Dr Freddy Haris,SH.,LLM.,ACCS menyampaikan tentang pentingnya kalangan dosen dan mahasiswa mendaftarkan hak paten hasil temuan teknologinya ke Dirjen Kekayaan intelektual. Selain itu Freddy Haris juga    menguraikan gambaran Kepemilikan Paten Nasional. Pembicara lain yang hadir dalam seminar tersebut adalah alumni UI Pemegang Paten Prof Dr.dr.med Akmal Taher Sp.U(K) yang  menyampaikan cerita sukses pemegang paten. Serta Ketua Bidang Advokasi LH Iluni UI Dr.Hotman Sitorus, S.H, M.H., yang menguraikan keterkaitan antara Paten dan Riset Teknologi

“Seminar yang digagas Iluni UI ini bertujuan untuk menumbuhkan keyakinan kepada lembaga riset untuk menggunakan Paten sebagai strategi Bisnis. LH Iluni UI memilih tema tentang paten mengingat paten sangat penting karena menyangkut masalah harga diri penemu/peneliti dan pengakuan intelektual terhadap penemu yang pada akhirnya akan memberikan manfaat ekonomi,hingga dapat memberikan kontribusi yang lebih besar dalam kemajuan bangsa dan pertumbuhan ekonomi secara nasional,” Papar Andre Rahadian mengenaaia isi dan materi serta tujuan seminar (*)

Editor : Dakta Administrator
Sumber : Rilis ILUNI UI
- Dilihat 3761 Kali
Berita Terkait

0 Comments