Nasional / Sosial /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 24/04/2018 12:58 WIB

PSYLine.id : Keterampilan Sosial Mendukung Kesukesan Karir

Co-founder PSYLine, Psikologi Online Indonesia, Drs. Arbono Lasmahadi, M.Psi.
Co-founder PSYLine, Psikologi Online Indonesia, Drs. Arbono Lasmahadi, M.Psi.

BEKASI, DAKTA.COM - Keterampilan sosial cenderung mengembangkan kemampuan kerja, produktivitas, dan kesuksesan karir, merupakan keterampilan umum yang dibutuhkan dalam dunia kerja nyata. Hal ini disampaikan Co-founder PSYLine.id, Drs. Arbono Lasmahadi, M.Psi, Psikolog, dalam bincang interaktif di Radio Dakta, Selasa (24/4).

Bono mengatakan, adaptasi dalam pekerjaan sangat penting untuk membangun diri dan perusahaan. Adaptasi sendiri, menurutnya adalah salah satu keterampilan sosial yang harus dimiliki setiap personal.

"Adaptasi diperlukan, karena pekerjaan tidak mungkin berubah untuk kita," kata Bono.

Menurut Bono, ada tiga hal yang harus dimiliki seseorang dalam bekerja. Ketiga hal tersebut yakni, skill, pengetahuan, attitude yang jika digabungkan, maka dinamakan kompetensi. Ia memaparkan ketiga hal tersebut akan semakin padu jika diiringi dengan keterampilan sosial.

"Kehidupan dalam pekerjaan penuh dengan dinamika, kemampuan sosial digunakan untuk membantu proses pekerjaan dan membantu menyelesaikan permalasahan yang dihadapi dalam pekerjaannya," papar Bono.
 
Apalagi, jika kemampuan sosial dimiliki, menurut Bono kesempatan promosi akan semakin dekat. Selain itu, hubungan antara pekerja dengan atasan atau bawahan akan terjalin dengan baik.

"Intinya kemampuan kita berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya sehingga mendapatkan manfaat untuk semua pihak," papar Bono.

Tekait gaji dan beban kerja, Bono melihat harus ada keberanian pekerja menyampaikan kepada atasan, khususunya Divisi SDM. Selain itu, atasan juga harus bijaksana dalam menanggapi permintaan bawahannya.

"Keberhasilan pekerjaan sukses ditentukan dari 80% hubungan atasan dan bawahan terjalin baik, hanya 20% pekerjaan sukses karena kompetensi," tambah Bono.

PSYLine.id adalah layanan konseling dan terapi psikologis dengan platform digital (online) Psikologi Online Indonesia yang membantu orang-orang dengan mengubah bagaimana mereka merespon tantangan dan masalah hidup yang dihadapi.

PSYLine.id memberikan kemudahan akses melalui digital platform. Seperti article online, message, live chat, voice call & video call counseling layanan konvensional konseling dan terapi secara face to face.

Aplikasi untuk Android juga sudah tersedia di Google Playstore & Appstore. Informasi lebih lanjut kunjungi Facebook: psylineindonesia, Instagram: psylineindonesia, Twitter: PsyLine_id atau Email: psyline.indonesia@gmail.com

Editor : Dakta Administrator
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 8104 Kali
Berita Terkait

0 Comments