Nasional / Pendidikan /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 24/04/2018 10:00 WIB

Pelaksanaan UNBK SMP Hari Pertama di Bekasi Tanpa Kendala

Ilustrasi UNBK Kota Bekasi
Ilustrasi UNBK Kota Bekasi

BEKASI, DAKTA.COM - Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer atau UNBK tingkat SMP di Kota Bekasi berjalan lancar. Hal tersebut diungkapkan Pj Wali Kota Bekasi, Ruddy Gandakusuma yang melakukan peninjauan sejumlah sekolah saat UNBK digelar.

"Sebagaimana laporan Kadisdik, ternyata sejauh ini semua kesiapan telah sesuai rencana, termasuk di SMP 2 dan sekarang SMP 4, jumlah komputer, peserta, kapasitas ruangan dan sebagainya telah sesuai," kata Ruddy ditemui di SMPN 4 Kota Bekasi, Senin (23/4/2018).

Berdasarkan catatan, sebanyak 263 sekolah, baik SMP negeri, terpadu, dan swasta melaksanakan ujian nasional. Sementara SMP yang melaksanakan UNBK secara mandiri sebanyak 84 sekolah, menumpang 39 sekolah, dan 140 SMP Swasta masih melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP).

Terkait kekurangan unit komputer sehingga masih ada sekolah-sekolah yang menumpang pelaksanaan ujian, kata Ruddy, pihaknya akan mengevaluasi pasca UN beres digelar. Dia mengatakan, tidak dimungkiri pemerintah akan berupaya mengalokasikan anggaran untuk penyediaan unit-unit komputer bagi sekolah kedepannya.

"Mengapa tidak, prinsipnya jangan sampai anak didik terkendala oleh hal teknis yang mengganggu, itu kewajiban pemerintah untuk melakukannya," kata Ruddy.

Kepala Sekolah SMPN 4 Kota Bekasi, Sri Mulyani mengungkapkan, tidak terdapat kendala saat pihaknya melakukan persiapan pelaksanaan UNBK. Pihak sekolah pun telah diperbantukan dengan penambahan sejumlah unit komputer dari pemerintah.

Menurut Sri, kendati di sekolahnya para siswa yang mengikuti UNBK terbilang banyak dibanding sekolah lainnya, yakni 480 siswa, pihak sekolah telah menyiapkan segala sesuatunya dengan cukup baik, termasuk kesiapan peladen (server).

"Kita sudah menyiapkan UPS untuk suplai daya listrik ketika server mati," kata Sri memungkasi.

Reporter : Warso Sunaryo
Editor : Dakta Administrator
- Dilihat 6654 Kali
Berita Terkait

0 Comments