Nasional / Pendidikan /
Follow daktacom Like Like
Ahad, 22/04/2018 08:00 WIB

Kemenag Gelar Kompetisi Sains Madrasah Secara Berjenjang

Siswa saat mengikuti Kompetisi Sains Madrasah (Ilustrasi)
Siswa saat mengikuti Kompetisi Sains Madrasah (Ilustrasi)
JAKARTA, DAKTA.COM - Kementerian Agama (Kemenag) akan kembali mengadakan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2018. Yang akan digelar secara berjenjang, mulai dari KSM Satuan Pendidikan, KSM Kabupaten/Kota, KSM Provinsi, hingga KSM Nasional.
 
Untuk jenjang pertama, dilakukan oleh masing-masing Satuan Pendidikan. Sedang pendaftaran KSM Kabupaten/Kota, akan dilakukan secara online mulai 24 – 30 April 2018. 
 
“Para peserta dapat mendaftar melalui laman resmi KSM Kementerian Agama mulai awal pekan depan,” terang Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah A Umar, di Jakarta, Sabtu (21/4).
 
“KSM ini juga terbuka bagi siswa MI/SD, MTs/SMP, dan MA/SMA,” ucapnya.
 
Umar mengatakan, KSM Kabupaten/Kota akan digelar serentak pada 12 Mei 2018. Untuk KSM Provinsi, akan digelar pada 25 juli 2018. 
 
“Untuk KSM Nasional, akan digelar pada 17-21 September 2018 di Kota Bengkulu,” ujar Umar.
 
Menurut Umar, ada beberapa bidang studi yang dilombakan pada KSM. Untuk tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI), mata pelajaran yang dilombakan adalah Matematika dan IPA. Untuk tingkat Madrasah Tsanawiyah, selain Matematika dan IPA, mata pelajaran IPS juga dilombakan. Sedang untuk tingkat Madrasah Aliyah (MA), bidang studinya mencakup: Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi, dan Geografi.
 
“Untuk KSM Kabupaten/Kota, lomba berupa tes tertulis berbasis kertas pensil atau paper based test. Untuk KSM Provinsi sudah berbasis komputer atau CBT (computer based test), sedangkan Untuk KSM Nasional, selain tes tertulis berbasis CBT, juga ada tes eksperiman/eksplorasi. Penilaian akan dilakukan secara terpusat oleh Komite KSM Nasional,” imbuhnya. ** 
 
 
Editor : Asiyah Afifah
Sumber : kemenag.go.id
- Dilihat 7011 Kali
Berita Terkait

0 Comments