Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 05/06/2015 10:09 WIB

Pemkot Bekasi Usulkan Tambahan 200 Milyar Kepada Jawa Barat

Kepala Bappeda Kota Bekasi Jumhana Luthfi
Kepala Bappeda Kota Bekasi Jumhana Luthfi

BEKASI_DAKTACOM: Pemerintah Kota Bekasi mengusulkan penambahan alokasi dana di APBD Perubahan 2015 Provinsi Jawa Barat sebesar Rp 200 Milyar. Usulan tersebut dimaksudkan untuk biaya pelebaran jalan Raya Pekayon Bekasi Selatan hingga Pondok Gede.

Usulan Pemerintah Kota Bekasi tersebut disampaikan saat  Virtual Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) melalui video conference yang berlangsung serentak di 27 Kota/Kabupaten Se-Jawa Barat bertempat di masing masing kantor Bapeda, Kamis (4/6).

Kepala Badan perencanaan pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bekasi, Jumhana Lutfi mengatakan usulan Pemerintah Kota Bekasi sebesar Rp 200 miliar tersebut untuk membayar pembebasan lahan di wilayah yang terkena pelebaran jalan.

"Kebutuhan pelebaran yakni pembebasan lahannya. Pemkot Bekasi terbatas anggaran dan butuh bantuan pihak provinsi," kata Jumhana Lutfi saat Virtual Musrenbang Perubahan RKPD Prov Jawa Barat di Kantor Bappeda, Kamis, (4/6).

Ia pun menilai jalur jalan penghubung antar dua kecamatan ini memang perlu segera ditingkatkan kualitasnya dan diperlebar mengingat pentingnya akses jalan tersebut untuk masyarakat.

Lanjut Jumhana Lutfi, mengatakan pada SPBD murni Provinsi Jawa Barat, Pemkot Bekasi telah mendapatkan bantuan dana senilai Rp 134 miliar untuk kegiatan pembangunan lainnya. Dan sebanyak Rp 25 Miliar dari nilai tersebut diantaranya akan digunakan untuk pembangunan tambahan Ruang Kelas Belajar (RKB) dilingkup Dinas Pendidikan Kota Bekasi.

"Di APBD murni Provinsi Jabar, Pemkot Bekasi mendapatkan Rp 134 miliar dan di APBD Perubahan kita usulkan penambahan Rp 200 miliar untuk penunjang infrastruktur jalan," kata Jumhana usai Virtual Musrenbang 27 Pemerintah Daerah Se-Jawa Barat.

Nantinya, kata Kepala Bappeda Jumhana Lutfi, jika di setujui usulan tersebut dari dana APBD perubahan 2015 Prov Jabar maka akan diakukan pelebaran Jalan Pekayon - Pondok Gede di kedua sisi jalan.

"Ruas kanan dan  kiri masing - masing  diperlebar dua meter, dengan panjang jalan sepanjang 3 km, Pekayon hingga Pondok Gede," katanya.

Dasar permintaan Pemkot Bekasi kepada Probinsi Jawa Barat sebanyak Rp 200 miliar ini dari perkiraan harga tanah saat ini per meter persegi  mencapai Rp  7 Juta dengan pelebaran sepanjang 3 Km tersebut.

"Di seputaran jalan tersebut harga tanah diprediski Rp 7 Juta sehingga untuk melakukan pelebaran jalan bisa menghabiskan dana sekitar Rp 200 milyar," kata Jumhana Lutfi. (Goeng)

Reporter : Warso Sunaryo
Editor : Syifa Faradila
Sumber : Humas Pemkot
- Dilihat 2450 Kali
Berita Terkait

0 Comments