Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 05/06/2015 09:09 WIB

Wujudkan Program 1000 Taman, Pemkot Libatkan Pihak Ketiga

Suasana Kota Bekasi
Suasana Kota Bekasi

BEKASI_DAKTACOM: Dinas Tata Kota melakukan perumusan kegiatan Rakor Implementasi rencana teknis ruang Kota dengan tema " Pembahasan Detail Lokasi, Rencana Tindak Penetapan Ruang Terbuka Hijau Di Koridor Jalan Utama".

"Kita lakukan pembahasan pertama dengan mengundang setidaknya 32 pihak swasta dari para Investor selain dari pihak,Jasamarga, PJT II dan pihak terkait ,"Ungkap Kepala Bidang Perencanaan Dinas Tata Kota Bekasi Erwin Guwinda  di Hotel Amaroossa Bekasi Selatan kemarin (4/6).

Menurutnya Tata Kota dengan prinsip bersama Gotong Royong mewujudkan bekasi yang lebih sejuk dan nyaman. Melalui pembuatan taman di sepanjang jalan protokol Kota Bekasi.

"Kita minta pihak ketiga yang membangun dan melakukan perawatan,biaya pembuatan oleh mereka melalui CSR, dan perawatanya dalam jangka waktu tertentu sesuai MOU yang disetujui bersama pengembang,"katanya.

Dalam Rakor implementasi rencana teknis ruang kota dengan pembahasan detail lokasi, rencana tindak penetapan ruang terbuka hijau di koridor jalan utama, sudah di tetapkan luasanya sampai 9 Ha dengan 18 titik utama .

Hal tersebut salah satu bentuk pemenuhan atau penambahan ruang terbuka hijau di Kota bekasi dengan mengajak seluruh pengembang melalui  CSR dalam pembangunan atau pembuatan taman sebagai paru - paru Kota.

Sementara perwakilan dari pengembang Metro Galaxi park, Husain menuturkan bahwa program Smart City dengan pelibatan pihak ke 3 sudah sangat tepat .

"Masing masing pengembang di tentukan titik kerjsama pembangunan tamanya saya misalnya  di jalan  kartini seluas 3.176 m, kita akan di usulkan di management, kalau pembangunan sih ok ,tapi kalo perawatan masih kita harus diskusikan dulu ,"ungkap Husain dari Metro Galaxi Park Apartemen dan Hotel  .

Hasil rapat pertama menurutnya  belum semuanya baru lokasi dan ketentuan desain dari pengembang, pihak kita   akan di buatkan  prasasti dari pengembang , setelah itu dibuatkan  MoU dengan KSI (Kerjasama Investasi) Pemkot Bekasi , setelah design di sepakati bersama baru akan di bangun taman tersebut.

Terpisah Anggota Komisi A DPRD Kota Bekasi Winoto menuturkan sangat mendukung dengan adanya pelibatan pihak ke tiga dalam pembangunan taman kota.

"Kita panggil kepala dinas seperti apa programnya, tapi prinsipnya kita  sangat mendukung kita liat pulau Jawa sudah melakukan itu ,sebagai warga dan wakil rakyat sangat mengidamkan adanya taman di sisi jalan sehingga sesuai dengan pencanangan penghijauan yang selama ini di suarakan Walikota ,"ungkap Winoto .

Program ini juga  bisa mendukung  tercapai RTH Kota. Dan Pihaknya mengaharap masyarakat Kota Bekasi saling jaga keindahan kota .

"Nanti  kalau sudah jadi taman ini  kita akan  bangga sebagai warga bekasi ,"pungkasnya.

Reporter : Warso Sunaryo
Editor : Syifa Faradila
- Dilihat 2237 Kali
Berita Terkait

0 Comments