Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Ahad, 08/04/2018 13:42 WIB

Autisme Bisa Disembuhkan

Acara Seminar Autisme KIDABA
Acara Seminar Autisme KIDABA
JAKARTA, DAKTA.COM - Klinik Intervensi Dini Applied Behavior Analysis menggelar seminar terapi terhadap penyakit autisme yg bertempat di Hotel Sofyan Betawi, Menteng, Jakpus pada Ahad (8/4)
 
Menurut salah satu pemateri dalam acara ini bernama dr. Rudy Sutadi Sp.A menyatakan bahwa penyakit autisme dapat disembuhkan melalui sejumlah metode terapi
 
"Salah satu diantaranya adalah dengan diet Casein (protein dalam susu dan produk turunannya) serta Gluten (zat tepung dalam terigu dan gandum), karena kedua zat ini bisa menjadi senyawa morfin bagi penderita autis," papar dr. Rudy.
 
Selain membatasi asupan makanan yang mengandung Casein dan Gluten, dr. Rudy mengatakan para penderita autisme juga harus disterilkan dari berbagai macam zat kimia untuk mempercepat penyembuhannya.
 
"Misalnya ada paparan asap rokok, atau diajak berenang juga hati-hati karena banyak zat kimia dalam kolam renang itu. Jadi terapi berenang tidak diperbolehkan," jelasnya.
 
dr. Rudy menambahkan proses terapi ini tidak perlu dilakukan seumur hidup, jika disiplin menerapkan metode tersebut, maka proses penyembuhan ini dapat berlangsung selama 3 tahun.
 
"Atau ketika mereka telah beranjak remaja dan mulai mengetahui hukum sebab akibat juga bisa dihentikan, yang jelas jika mengalami perkembangan yang semakin baik maka tidak perlu diteruskan lagi," tutupnya.
 
Applied Behavior Analysis (ABA) ini adalah suatu ilmu perilaku terapan utk mengajarkan dan melatih seseorang agar menguasai berbagai kemampuan yang sesuai dengan standar masyarakat.
 
Penggunaan ABA ini tidak terbatas hanya pada kasus autisme semata, namun juga dapat diterapkan ke berbagai bidang lainnya seperti olahraga, manajemen, dan kemampuan khusus lainnya.
 
Pada berbagai penelitian memunculkan data jika anak-anak yang mengidap penyakit autisme mengalami kemajuan pesat dalam hal IQ, tata bahasa, kemampuan akademik, dan perilaku sosialnya.
Reporter : Boy Aditya
Editor : Dakta Administrator
- Dilihat 8268 Kali
Berita Terkait

0 Comments