Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 05/04/2018 09:10 WIB

Disperkimtan Butuh Rp 36 Miliar untuk Program Rutilahu Hingga Tahun 2020

Ilustrasi Rutilahu
Ilustrasi Rutilahu
BEKASI, DAKTA.COM - Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Kota Bekasi Dadang Ginanjar Kartasasmita, mengatakan hingga saat ini masih terdapat sekitar 2000 Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) tersebar di 56 Kelurahan se-Kota Bekasi.
 
Jika satu rumah, Pemerintah Kota Bekasi membutuhkan dana sekitar 18 juta, maka untuk menyelesaikan program rutilahu dibutuhkan dana sekitar Rp 36 miliar. 
 
Pada tahun 2016 terdapat 3.066 rumah tidak layak huni di 12 Kecamatan berdasarkan data verifikasi dari masing-masing Rt dan Rw. Sedangkan Pada tahun 2016 dan 2017, Pemerintah Kota Bekasi sudah menyelesaikan 1.300 pembangunan Rutilahu yang dibangun dari dana APBD dan bantuan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.
 
"Pada tahun 2018 pembangunan rutilahu sekitar seribu unit yang dibangun dari bantuan dana pusat dan Provinsi. Sementara dari APBD dibangun sekitar 96 unit. Sehingga angka rutilahu sangat mungkin berubah karena berbagai indikator,” ungkap Kepala Disperkimtan Kota Bekasi, Dadang Ginanjar, Kamis (5/4).
 
Sementara data terakhir, menurut Dadang, ada sekitar 2.000 unit Rumah tidak layak huni yang sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) akan diselesaikan hingga tahun 2020 mendatang.
 
Pihaknya berharap adanya bantuan Provinsi Jawa Barat dan juga Pusat untuk menyukseskan Program tersebut. Namun mengingat keterbatasan dana APBD Pemerintah Kota Bekasi, perlu adanya kerjasama dengan berbagai pihak untuk mengatasi banyaknya warga Masyarakat yang masih tinggal di rutilahu.
 
"Kalau sesuai RPJMD 2020, Rutilahu akan selesai di Kota Bekasi, tapi Pemkot Bekasi juga butuh bantuan dari Pusat dan provinsi mengingat rata-rata perenovasian Rutilahu memakan biaya sekitar Rp 18 juta, meskipun demikian, data ini masih bisa diubah, jika indikator rutilahu juga berubah,” papar Dadang Ginajar. 
 
Sebelumnya, Camat Bekasi Utara, Lukman Hakim mengungkapkan ada sekitar 100 rutilahu yang hingga saat ini masih ditempati warga masyarakat dan sangat membutuhkan dana bantuan pembangunan Rutilahu Pemerintah Kota Bekasi.
 
Program pembangunan atau renovasi rutilahu saat ini sedang dilakukan untuk lima rumah di RW 6 Kelurahan Kaliabang Tengah, Bekasi Utara dalam program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 101 tahun 2018, Kodim 0507 Bekasi.
 
Reporter : Warso Sunaryo
Editor :
- Dilihat 1435 Kali
Berita Terkait

0 Comments