Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Senin, 02/04/2018 12:03 WIB

Pemkab Bekasi Imbau Masyarakat tidak Membeli Sarden Mackerel

Sarden mengandung cacing parasit
Sarden mengandung cacing parasit
BEKASI, DAKTA.COM - Pemerintah Kabupaten Bekasi mengeluarkan surat edaran bagi masyarakat untuk menghindari membeli sarden impor merek Mackerel untuk sementara waktu karena adanya temuan cacing parasit.
 
Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Bekasi, Abdurropiq mengatakan pihaknya akan segera melakukan inspeksi terkait makanan ikan kaleng bercacing parasit.
 
Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI sendiri telah merilis 27 merek ikan kaleng yang diduga kuat mengandung cacing parasit.
 
“Sejauh ini koordinasi telah dilakukan oleh Dinas Perdagangan Provinsi terkait hal itu, sementara untuk penarikan produk belum dilakukan karena banyak proses yang harus dilalui. Apalagi pengawasan produk makanan berdasarkan Undang-Undang 23 Tahun 2014 sepenuhnya berada di tingkat Provinsi,” paparnya
 
Pihaknya akan melakukan pendampingan saja, apabila ada permintaan dari Provinsi terkait pengawasannya.
 
Meski begitu saat ini sudah dikeluarkan surat edaran dari Kabupaten Bekasi agar masyarakat menghindari membeli produk yang terkontaminasi cacing parasit.
 
“Selain imbauan ke masyarakat, kami juga meminta pedagang untuk tidak menjual produk Mackarel yang terkontaminasi cacing parasit Apabila tetap ditemukan maka akan dilakukan penyitaan barang dari pihak terkait,” imbuh Abdurropiq.
 
Reporter : Ardi Mahardika
Editor :
- Dilihat 9157 Kali
Berita Terkait

0 Comments