Nasional / Sosial /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 28/03/2018 09:00 WIB

FIB Tuding Pemkab Bekasi Tidak Maksimal Kelola Dana CSR

Sekretaris Forum Investor Bekasi Salahudin Gafar
Sekretaris Forum Investor Bekasi Salahudin Gafar
CIKARANG, DAKTA.COM - Sekretaris Forum Investor Bekasi (FIB) Salahudin Gafar menilai dana Tanggung jawab Sosial Perusahaan  Coorporate Social Respontability (CSR) di wilayah Kabupaten Bekasi belum dikelola secara maksimal. 
 
Padahal, Pemerintah Kabupaten Bekasi sudah mempunyai Peraturan Daerah (Perda) nomor 6 tahun 2015 tentang Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL).
 
Salahudin mengatakan salah satu perhatian Forum Investor Bekasi terkait kurang maksimalnya pengelolaan CSR itu yakni bidang pendidikan. 
 
“Pemerintah Daerah belum membangun sekolah unggulan yang difokuskan kepada warga bekasi. Artinya, sejumah perusahaan di kawasan industri tidak perlu lagi mencari tenaga kerja diluar bekasi,” kata Salahudin.
 
FIB diakuinya, pernah menawarkan konsep tentang pengelolaan CSR yang lebih komprehensif (lengkap). Misalnya, Pemkab Bekasi hanya mengelola data (sumber) berkaitan orang miskin atau tidak mampu. 
 
“Pengelolaan CSR itu tidak berjalan, karena idenya kita bukan dibawah Pemda. Seharusnya, independen yang dibentuk dari beberapa stakeholder seperti pengusaha, tokoh dan pemerintah daerah,” jelasnya.
 
Kalangan independen itu, sebagai auditor yang berdiri sendiri. Sehingga, ketika para pengusaha menyalurkan dana CSR tersebut tepat sasaran. 
 
Salahudin berharap agar konsep awal yang diberikan FIB kepada Pemerintah kabupaten Bekasi dapat dikaji kembali. Karena, para pengusaha menginginkan lembaga CSR yang dapat dipercaya (Kridibel). 
 
Jika sudah seperti itu, jangankan Rp1 juta, perusahaan akan bersedia menyalurkan dana Rp100 juta bahkan Rp500 juta ke lembaga forum CSR.
Reporter : Ardi Mahardika
Editor : Asiyah Afifah
- Dilihat 3303 Kali
Berita Terkait

0 Comments