Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 22/03/2018 15:57 WIB

Distanikan Kota Bekasi Bantah Adanya Telur Palsu

Ilustrasi Telur
Ilustrasi Telur
BEKASI, DAKTA.COM -  Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Pertanian dan Perikanan menegaskan, bahwa isu adanya telur palsu yang sempat viral di dunia maya dipastikan tidak ada di Bekasi.
 
Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Satia Sriwijayanti mengatakan, tidak pernah ada telur palsu di Indonesia, apalagi di Bekasi. Tia, sapaan akrabnya menjelaskan, kemungkinan telur yang dianggap palsu itu adalah telur lama.
 
“Kita harus membedakan telur baru dan lama. Telur baru itu diantara cirinya adalah kuning dan putihnya masih kental. Sementara telur lama, kuning dan putihnya lebih encer, kulitnya menggerut dan kasar. Telur juga punya lapisan, ada yang menyerupai kertas. Jadi orang jahat yang menyebarkan informasi hoax soal telur palsu,” ungkap Tia pada Kamis (22/3).
 
Tia menilai, sulit membayangkan orang mau membuat telur palsu. Sebab jika ditinjau dari sisi komersial, proses pembuatan telur palsu dipastikan jauh lebih mahal dibanding membuat seekor ayam bertelur.
 
“Biaya membuat telur palsu saya yakin lebih mahal daripada membuat ayam itu bertelur. Kalau di China misalnya memang ada, itu khusus dikonsumsi oleh orang tertentu saja. Mungkin dia ga bisa makan jenis protein tertentu yang ada di dalam telur asli. Harganya pun 10 kali lipat dengan telur yang asli,” paparnya.
 
Tia menyayangkan munculnya isu telur palsu ini. Mengingat berita ini sangat merugikan kalangan peternak ayam petelur, pelaku industri pangan berbahan telur, dan tentunya berdampak pada perekonomian peternak.
 
“Jadi, jangan ragu dengan keaslian telur ayam yang ada di pasar, karena bisa dipastikan dokter hewan telah menjamin bahan pangan asal hewan yang aman, sehat, utuh dan halal,” harapnya.***
 
Reporter :
Editor :
- Dilihat 1580 Kali
Berita Terkait

0 Comments