Nasional / Hukum dan Kriminal /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 22/03/2018 11:07 WIB

Polda Jabar Gelar Sosialisai Satgas Sapu Bersih Pungli

stop pungli 1
stop pungli 1
PURWAKARTA, DAKTA.COM - Polda Jawa Barat menggelar sosialisasi Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) bagi unsur masyarakat di wilayah Badan Koordinator Wilayah(Bakorwil) Jawa Barat II, Kamis (22/3/18).
 
Kegiatan ini berlangsung di Hotel Harper Bungursari Kabupaten Purwakarta yang dihadiri oleh KPUD, Ormas dan Partai Politik di 5 Kota/Kabupaten diantaranya Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Subang dan Kabupaten Purwakarta.
 
Kegiatan ini bertujuan agar seluruh organisasi masyarakat maupun partai politik mampu memberikan informasi terkait dengan kegiatan Pungli sehingga bisa ditindaklanjuti oleh tim Satgas Pungli di masing-masing kota dan kabupaten.
 
Dalam sambutannya Kepala Pusat Data dan Informasi Tim Saber Pungli Jawa Barat, Yudhi Ahdiat mengungkapkan bahwa di tahun 2017 terdapat 105 laporan terkait dengan pungli di jawa barat, laporan itu sebagian besar sudah ditindaklanjuti.
 
"Pungli sering terjadi namun jarang dilaporkan oleh masyarakat, oleh karena itu perlu dilakukan sosialisasi lebih masif terkait keberadaan Saber Pungli,” jelasnya.
 
Diakuinya, ada berbagai saluran terkait dengan aplikasi pelaporan bagi masyarakat diantaranya melalui berbagai aplikasi teknologi seperti layanan pesan singkat (sms) dan telpon serta berbagai program yakni Saber Pungli masuk Sekolah dan masuk Desa.
 
"Dengan adanya kegiatan ini seluruh masyarakat dapat berperan aktif terkait adanya pungli dalam proses pelayanan publik di Kota/Kabupaten di Jawa Barat,” harapnya.
 
Sementara itu, dalam kegiatan ini juga nantinya akan diberikan sosialisasi tentang Tim Saber Pungli dan saluran yang nantinya bisa digunakan oleh masyarakat untuk pelaporannya.
 
Reporter : Ardi Mahardika
Editor : Asiyah Afifah
- Dilihat 1535 Kali
Berita Terkait

0 Comments