Nasional / Sosial /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 21/03/2018 15:23 WIB

Rumah Zakat Lakukan Aksi Siaga Bencana Banjir Bandang Cicaheum

Aksi Siaga Bencana banjir bandang Cicaheum
Aksi Siaga Bencana banjir bandang Cicaheum
BANDUNG, DAKTA.COM - Rumah Zakat melakukan Aksi Siaga Bencana banjir bandang Cicaheum dengan mengirimkan sepuluh relawan untuk melakukan assesment dan aksi bersih-bersih di Jalan Asri Kec. Cibeunying Kidul, Cicaheum, Bandung. Hujan besar disertai angin kencang yang melanda Bandung sejak Selasa (20/3) sore menyebabkan banjir bandang di sekitar Jatihandap dan sekitarnya. 
 
Menurut Ferdy Ligaswara, Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung, selain intensitas hujan yang tinggi, banjir yang terjadi di Kota Bandung disebabkan oleh resapan air di Bandung Utara yang sudah beralih fungsi. “Eksploitasi di kawasan Bandung Utara sudah kritis. Pembangunan di wilayah tersebut sudah tidak terkendali lagi,” ujar Ferdy. 
 
Meluapnya Sungai Cicabe disertai dengan lumpur menyebabkan akses jalan menuju arah Bandung Timur lumpuh total. Air baru surut sekitar pukul 22.00 WIB, hanya saja terdapat beberapa wilayah yang masih tertutupi lumpur tebal.
 
“Sepanjang jalan Cicaheum lumpuh total karena lumpur tebal. Malam ini relawan Rumah Zakat bersama warga gotong-royong membersihkan jalan agar besok pagi warga bisa beraktivitas seperti biasanya,” ujar Nur koordinator relawan Rumah Zakat Bandung.
 
Nur menambahkan, untuk mempermudah pembersihan, ia bersama timnya akan menggunakan mesin khusus. Hal tersebut bertujuan untuk mempercepat dan mempermudah proses pembersihan lumpur pasca banjir bandang.
 
Editor : Asiyah Afifah
Sumber : Rilis Rumah Zakat
- Dilihat 2137 Kali
Berita Terkait

0 Comments