Nasional / Budaya /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 21/03/2018 13:14 WIB

Pemuda Muhammadiyah Sesalkan Intoleransi di Papua

Ketua Umum Pimpinanan Pusat Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzhar Simanjuntak
Ketua Umum Pimpinanan Pusat Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzhar Simanjuntak
JAKARTA, DAKTA.COM - Ketua Umum Pimpinanan Pusat Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak menyayangkan tindakan intoleransi yg terjadi di Jayapura, Papua.
 
Menanggapi polemik mengenai pembangunan Masjid Al-Aqsa Sentani di wilayah Jayapura, Papua. Dahnil mengkhawatirkan peristiwa ini akan menjadi pemicu tindakan serupa di berbagai wilayah lainnya.
 
"Dengan adanya kejadian ini, saya khawatir dapat menjadi trigger (pemicu) peristiwa serupa terjadi di tempat lain sehingga akan menimbulkan disintegrasi dan disharmonisasi terhadap antar umat beragama," papar Dahnil.
 
Namun Dahnil mengimbau kepada umat Islam agar tidak terpancing dan turut memahami bagaimana kondisi menjadi minoritas sehingga dapat lebih bijak dalam menyikapi masalah tersebut.
 
"Saya juga menyayangkan hingga saat ini masih belum ada pernyataan sikap dari pemerintah terkait peristiwa ini, beda halnya ketika terjadi penyerangan Gereja di Sleman beberapa waktu lalu," tutupnya.
 
Seperti diketahui Kementerian Agama mendapatkan surat laporan dari Persekutuan Gereja-Gereja Jayapura (PGGJ) terkait pembangunan Masjid Al Aqsa Sentani.
 
Mereka memprotes pembangunan masjid tersebut karena bangunannya dianggap lebih tinggi dari gereja-gereja di sekitarnya. Selain mempermasalahkan tinggi bangunan, mereka juga keberatan dengan penggunaan pengeras suara untuk azan dan penggunaan busana muslim di sekolah-sekolah negeri wilayah tersebut.
 
Reporter : Boy Aditya
Editor : Asiyah Afifah
- Dilihat 6630 Kali
Berita Terkait

0 Comments