Bekasi /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 20/03/2018 12:03 WIB

PSYLine.id : Living With Stress, Bisa Kok!

Talent Director PSYLine.id Psikologi Online Indonesia, Hesti Nur Lestari
Talent Director PSYLine.id Psikologi Online Indonesia, Hesti Nur Lestari
BEKASI, DAKTA.COM - Hidup dengan stres tampaknya menjadi sesuatu yang mustahil bisa dilakukan oleh setiap individu. Padahal, stres itu tergantung persepsi diri serta bagaimana respons diri terhadap berbagai situasi. Dan, tidak mungkin ada kehidupan yang tanpa stres.
 
Menurut Psikolog sekaligus Talent Director PSYLine.id Psikologi Online Indonesia, Hesti Nur Lestari, S.Psi, MM, sumber stres (stressor) memang berasal dari mana saja, mulai dari dalam rumah dengan anak, pasangan, orangtua, kemacetan lalu lintas, pekerjaan, target pendidikan, pencapaian hidup dan lain-lain.
 
"Stres itu ada skalanya, ringan, sedang, berat, apalagi nih perempuan yang mempunyai peran ganda, sebagai ibu dan pekerja, apabila dirinya tidak bisa mengelola stres yang muncul, itulah yang akhirnya memicu stres berat atau biasa disebut depresi," ucapnya saat Bincang interaktif bersama Radio Dakta, Selasa  (20/3).
 
Hesti menambahkan, setiap individu harus bisa mengenali stres, mengidentifikasi sumber stres, dan seberapa besar stres yang dirasakan. Dalam skala ringan biasanya hanya timbul badmood, perasaan cemas, hingga bosan. Kalau sudah dalam skala berat dapat menciptakan mind block sehingga membuat si individu bahkan sampai tidak bisa berpikir dan bingung untuk bertindak.
 
"Perlu kemampuan manajemen stres, agar kita bisa rileks. Kalau perlu keluar kota, hirup udara pegunungan, misalnya, ya silakan lakukan. Tapi, jangan berhenti ketika sudah tenang, kita tetap harus cari solusi untuk memecahkan stres dengan cara sendiri atau dengan bantuan orang lain," ujar Hesti.
 
Hesti juga menegaskan bahwa stres sebenarnya diperlukan dalam hidup sebagai mood booster dan pemicu semangat dalam keseharian. Tantangan atau target dalam hidup yang dinilai mampu menciptakan stres itu, menurutnya, justru bisa membuat individu bekerja optimal dan berprestasi. (Tyas)
 
Editor :
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 1108 Kali
Berita Terkait

0 Comments