Nasional / Politik dan Pemerintahan /
Follow daktacom Like Like
Senin, 19/03/2018 11:42 WIB

Pengamat: Prabowo Atau Jokowi Butuh Cawapres Berbasis Islam

Jokowi dan Prabowo
Jokowi dan Prabowo
JAKARTA, DAKTA.COM - Pengamat Politik Universitas Paramadina Toto Sugiarto menilai Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto membutuhkan calon wakil presiden (cawapres) dari kalangan Islam jika maju pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Sebab, keduanya dipersepsikan oleh publik sebagai tokoh dari kalangan nasionalis.
 
"Di persepsi publik, Prabowo itu sebagai tokoh nasionalis, sama dengan Jokowi. Ini artinya, mereka harus mencari pendamping yang berlatar belakang Islam politik. Nah ini ada di NU, Muhammadiyah, dan di PKS. Pilihannya di situ," kata dia kepada Republika, Ahad (18/3). 
 
Memilih cawapres dari kalangan Islam politik, menurut Toto, akan berdampak positif untuk meningkatkan dukungan massa pada Pilpres 2019. Sebab, basis massa yang berbeda tentu akan memberikan keuntungan bagi Prabowo maupun Jokowi.
 
"Ini memberikan nilai positif karena kolamnya berbeda dengan Prabowo maupun Jokowi. Dengan pola yang berbeda itu maka suaranya akan besar," papar dia.
 
Karena itu, menurut Toto, tidak tepat jika Jokowi nantinya memilih Puan Maharani sebagai cawapres. Karena ‘kolam’ massa yang dimiliki keduanya sama. 
 
Jokowi lebih baik mencari tokoh Islam sebagai cawapres dirinya agar bisa menambah basis massa dukungan. "Saya kira mereka (Prabowo ataupun Jokowi) akan menyandingkan dirinya dengan tokoh Islam, kalau mereka pintar," katanya.
 
Toto menuturkan, dalam kondisi itu, parpol yang berbasiskan Islam akan menjadi perhatian utama demi mendongkrak dukungan massa. Dengan mengambil tokoh dari parpol Islam, akan lebih mudah menggerakkan mesin politik yang sudah ada untuk menaikkan elektabilitas. 
 
Editor :
Sumber : republika.co.id
- Dilihat 1275 Kali
Berita Terkait

0 Comments