Nasional /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 13/03/2018 13:17 WIB

Kebijakan Ganjil Genap Tak Efektif Urai Kemacetan

Anggota Komisi V DPR RI Subarna
Anggota Komisi V DPR RI Subarna
JAKARTA_DAKTACOM: Anggota Komisi V DPR RI, Subarna, menilai penerapan kebijakan ganjil genap menuju tol Jakarta Cikampek tidak efektif mengurai kemacetan.
 
Subarna berpendapat aturan pembatasan kendaraan melalui nomor plat ganjil genap di tol Jakarta-Cikampek kemarin hanya menjadi solusi jangka pendek, namun tidak menyelesaikan masalah kemacetan secara menyeluruh.
 
"Dengan adanya kebijakan tersebut kemungkinan besar masyarakat kelas atas justru akan kembali membeli mobil baru, bukan beralih kepada alat transportasi massal," kata Subarna di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta pada Selasa (13/03).
 
Maka dari itu, Subarna meminta pemerintah melalui Kemenhub, mempengaruhi road map terkait permasalahan transportasi darat untuk mengatasi masalah kemacetan, terutama di area Jabodetabek.
 
"Karena percuma membangun banyak ruas tol tapi tidak ada pembatasan kendaraan, ini perlu segera dilakukan pemetaan terhadap masalah transportasi darat yang semakin memprihatinkan," tutupnya.
 
Sejak hari Senin lalu, kebijakan mengenai pembatasan kendaraan melalui tol Jakarta-Cikampek dengan nomor plat ganjil genap sudah mulai diterapkan, meskipun masih dalam rangka sosialisasi, yang dimulai di Gerbang Tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur.
 
Salah satu dasar membatasi kendaraan di tol Jakarta-Cikampek lewat kebijakan ganjil genap adalah mengurangi volume kendaraan selama pelaksanaan proyek infrastruktur.
 
Setidaknya ada tiga ruas proyek infrastuktur yang sedang dilaksanakan di ruas tol Jakarta-Cikampek yakni Kereta Cepat Jakarta Bandung, Jalan Tol Layang, serta LRT Jakarta-Bekasi Timur.
 
Reporter : Boy Aditya
Editor : Dakta Administrator
- Dilihat 215 Kali
Berita Terkait

0 Comments