Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Senin, 12/03/2018 09:30 WIB

Pemkab Bekasi Kekurangan 300 Km Kabel Fiber Optik

Ilustrasi Pemasangan Kabel Optik
Ilustrasi Pemasangan Kabel Optik
CIKARANG_DAKTACOM: Pemerintah Kabupaten Bekasi masih kekurangan sepanjang 300 kilometer kabel lagi untuk menghubungkan jaringan fiber optik ke seluruh kecamatan dan desa. 
 
Wakil Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja mengatakan fiber optik menjadi proyek unggulan pemerintah Kabupaten Bekasi dimana dengan adanya jaringan fiber optik, dapat digunakan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat melalui teknologi informasi sehingga akan membuat pelayanan menjadi lebih efektif dan efisien.
 
"Bukan hanya untuk kepentingan pemerintah, keberadaan FO dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Karena jaringan fiber optik bisa digunakan oleh pihak swasta dengan cara menyewa kepada Pemerintah," paparnya pada Senin (12/3).
 
Sejauh ini, infrastruktur Fiber Optik sudah terbangun di 23 kecamatan dan 115 sekolah. Panjang kabel infrastruktur FO yang sudah dibangun mencapai 560 kilometer yang pembangunannya dimulai sejak 2015 lalu dengan anggaran sudah mencapai Rp.90 miliar.
 
Pihaknya masih kurang 300 kilometer kabel lagi yang dibutuhkan untuk menghubungkan ke 182 desa dan 5 kelurahan, ditargetkan seluruhnya bisa selesai di tahun 2019 mendatang.
 
Eka mengakui perolehan pendapatan dengan adanya fiber optik bisa mencapai puluhan milyar oleh karena itu pemasangannya harus dilakukan percepatan.
 
Jaringan fiber optik ini juga bisa menghemat anggaran teknologi informasi yang dikeluarkan oleh pemerintah kabupaten bekasi setiap tahunnya.
Reporter : Ardi Mahardika
Editor : Azeza Ibrahim
- Dilihat 371 Kali
Berita Terkait

0 Comments