Nasional / Sosial /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 08/03/2018 13:00 WIB

Soal Pelarangan Cadar, Dahnil Sebut UIN Kehilangan Nalar Ilmiah

Dahnil Anzar saat berbicara di depan wartawan
Dahnil Anzar saat berbicara di depan wartawan
JAKARTA_DAKTACOM: Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzhar Simanjuntak menyebut perguruan tinggi Islam sudah kehilangan nalar ilmiah terkait polemik larangan bercadar.
 
"Saya sangat sayangkan Polemik furuiyah masih menjadi masalah di negeri yang mayoritas Islam, yang memang pada dasarnya memang berbeda-beda, toh tidak ada larangan bercadar dalam Islam," kecam Dahnil dalam keterangan persnya pada Kamis (08/03).
 
Sementara itu sikap Muhammadiyah terkait cadar, menurut Dahnil, meskipun tidak bersepakat namun mereka menghormati kelompok yang memiliki tafsir berbeda, itulah kayanya khazanah Islam.
 
"Karena batas Aurat untuk Perempuan adalah wajah dan telapak tangannya, jadi terang dalam Fiqh yang dipahami Muhammadiyah tidak ada kewajiban mengenakan cadar," imbuh Dahnil.
 
Dahnil menyayangkan larangan ini justru datang dari Universitas Islam, dimana seharusnya memahami dengan baik terkait keberagaman tafsir dalam Islam.
 
"Bagi saya UIN Yogyakarta telah kehilangan peran vital dari Universitas, dimana Universitas adalah rumah dari seluruh nalar ilmiah, setiap gagasan, ide dan pemikiran saling bertarung satu dengan lainnya untuk menunjukkan keunggulannya," tutupnya.
Reporter :
Editor :
- Dilihat 1901 Kali
Berita Terkait

0 Comments