Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 08/03/2018 11:50 WIB

BPTJ Berharap Aturan Ganjil Genap Bisa Urai Kemacetan

Tol Bekasi Barat
Tol Bekasi Barat
BEKASI_DAKTACOM: Wacana pemberlakuan sistem kebijakan ganjil genap di pintu tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur pada 12 Maret 2018 mendatang diprediksi dapat  mengurai kemacetan.
 
Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono mengatakan ada 3 kebijakan yang akan diatur di tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur.
 
"Pertama menyediakan jalur khusus bus, kedua pengaturan perjalanan truk golongan 3, 4 dan 5 dan ke tiga membagi distribusi beban arus kendaraan golongan 1," kata Bambang dalam wawancara bersama Dakta pagi ini, Kamis (8/3).
 
Alasan pihaknya memberlakukan sistem tersebut karena pemerintah ingin masyarakat beralih ke angkutan umum dan mengurangi kemacetan yang sering terjadi di  tol Bekasi Barat dan tol Bekasi Timur.
 
Sementara itu, Ia menjelaskan mekanisme yang akan diberlakukan sistem Ganjil Genap di pintu tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur.
 
"Mekanismenya adalah,  hanya plat genap saja yang bisa masuk ke jalan tol melalui tol Bekasi Barat dan Timur, sementara itu untuk plat ganjil melalui pintu lainnya, tapi tidak melalui pintu tol Bekasi Barat dan Timur," jelasnya.
 
Sebelumnya sudah dilakukan simulasi kebijakan ganjil genap, Ia menilai dengan pemberlakuan sistem ini dapat mencapai kondisi dan kecepatan ideal di tol Bekasi Barat dan Timur.
 
"Hasil simulasi dengan system ini, dari 10 km/jam menjadi 40km/jam. Artinya kondisi dan kecepatan ideal bisa tercapai," ujarnya. (asiyah)
Editor : Azeza Ibrahim
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 287 Kali
Berita Terkait

0 Comments