Nasional /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 06/03/2018 15:21 WIB

Fahri : Ada Upaya Mengaitkan Islam Sebagai Simbol Radikalisme

Fahri Hamzah 3
Fahri Hamzah 3

Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah menyebut adanya pembentukan opini untuk mengaitkan identitas Islam sebagai simbol radikalisme.

 

Fahri mencontohkan kembali munculnya pelarangan terhadap mahasiswi yang mengenakan cadar di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta beberapa waktu lalu menunjukkan bahwa di lingkungan kampus kini terjadi pendangkalan pemikiran karena terbawa framing negatif mengenai agama Islam.

 

"Ini seperti sengaja membuat seolah-olah Islam itu erat kaitannya dengan radikalisme, ini kan cara berpikir yang kacau. Adanya agenda dari pihak tertentu, framing yang membentuk opini seperti itu, padahal itu kan hak asasi orang, biarin aja dia mau memakai cadar atau tidak," tegas Fahri di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta pada Selasa (06/03).

 

Fahri menegaskan bahwa penggunaan cadar adalah hak asasi seseorang terlebih hal tersebut juga mempunyai dasar atas perintah agama sehingga pihak manapun tidak berkenan utk melarangnya.

 

"Saya berulang kali ke Mekkah itu banyak orang mengenakan cadar tapi nggak ada satupun yang melakukan pengeboman atau tindakan teroris lainnya. Saya itu heran dengan adanya pelarangan itu di masa reformasi yang semestinya lebih terbuka," imbuhnya.

 

Seperti diketahui rektorat UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengancam akan mengeluarkan sebanyak 42 mahasiswinya yang mengenakan cadar.

 

Pihak kampus juga akan menelusuri latar belakang keluarga mahasiswi bercadar serta motivasi mereka memakai cadar, karena dikhawatirkan terpengaruh ideologi atau aliran tertentu.

Reporter : Boy Aditya
- Dilihat 435 Kali
Berita Terkait

0 Comments